Ayo Kenali Ubuntu Lebih Dalam

Ayo Kenali Ubuntu Lebih Dalam
Ayo Kenali Ubuntu Lebih Dalam - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu sistem operasi Open Source yang banyak digunakan di dunia. Apakah yang terpikir dalam benak anda jika mendengar ubuntu ? Jika anda adalah penggemar berat Windows maka anda akan beranggapan bahwa Ubuntu itu adalah sistem operasi yang susah di operasikan, susah di pahami, dan jika ada error susah untuk mencari solusinya.
Sebenarnya anggapan itu salah besar, anda beranggapan seperti itu karena sudah terlalu dimanjakan oleh sistem operasi yang serba instan. Nah untuk mengubah anggapan itu saya akan membahas tentang Sistem Operasi Ubuntu.
 

Defenisi Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distro linux turunan Debian yang didistribusikan secara gratis sebagai sebuah sistem operasi yang bebas untuk dimodifikasi, dikembangkan dan disebarluaskan.

Baca Juga : Istimewanya Kali Linux
Ubuntu sendiri diciptakan oleh Canonical Ltd yang berdomisili di Afrika Selatan. Ubuntu dibuat dengan tujuan untuk memberikan sistem operasi gratis yang kode sumbernya bebas untuk dilihat, dimodifikasi dan tersedia secara bebas dengan dukungan berbagai komunitas dan berbagai tenaga ahli profesional.
 

Sedikit sejarah dan pengembangan
Ubuntu versi pertama rilis pada 20 Oktober 2004 dan menghadirkan Ubuntu versi baru setiap 6 bulan sekali. Setiap Ubuntu yang dirilis akan didukung selama 18 bulan untuk pembaharuan sistem, kesalahan dan perbaikan bug.

Ubuntu menggunakan manajemen paket Debian (APT dan Sypnatic) yang berasal dari paket tidak stabil Debian. Walaupun Ubuntu merupakan distro Linux turunan debian tapi sering kali tidak cocok sehingga source code nya harus di modifikasi kembali agar dapat digunakan di Ubuntu.
Fitur

Ubuntu didistribusikan dibawah Lisensi Open Source yaitu GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL) yang berarti setiap pengguna bebas menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan kembali tanpa ada batasan apapun.

Baca Juga : ArchLinux Versi 4.4.5
Pada Ubuntu versi 11.04 lingkungan desktop yang digunakan adalah gnome, namun setelah versi itu Ubuntu tidak menggunakan Gnome melainkan Unity sebagai lingkungan desktopnya.

Beberapa software prainstalasi Ubuntu
- LibreOffice
- Mozilla Firefox
- Mozilla ThunderBird
- Sudoku
- Gimp
- Chess dan masih banyak lagi.

System minimal yang disarankan untuk instalasi ubuntu :
- Processor Min 700 Mhz
- RAM Min 512 MB
- Hard Disk min 5 GB
- Resolusi monitor 640 x 480
 

Beberapa varian Lingkungan Desktop Ubuntu :
1. Gnome
Merupakan lingkungan desktop awal yang digunakan ubuntu dan termasuk lingkungan desktop yang banyak disukai oleh para pengguna sistem operasi linux
 

2. Unity
Adalah lingkungan desktop Ubuntu yang mulai digunakan setelah Ubuntu versi 11.04
 

3. Plasma KDE
Lingkungan desktop ini memiliki tampilan yang elegan dan enak untuk di pandang, hanya saja lingkungan desktop ini memerlukan dukungan hardware yang mumpuni.
 

4. XFCE
Jika anda memiliki laptop/PC dengan spesifikasi rendah maka lingkungan desktop ini sangat cocok untuk anda gunakan.
 

5. LXDE
Merupakan lingkungan desktop standar yang digunakan pada Lubuntu, yang ditujukan untuk penggunaan sumber daya yang sedikit.
Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Ubuntu, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel di atas.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔