Pengertian, Fungsi, dan Jenis Monitor Komputer

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Monitor Komputer - Pada sebuah komputer terdapat 3 macam perangkat keras yang menyusun komputer menjadi sebuah alat yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Monitor Komputer
Perangkat keras itu terdiri dari perangkat input, process, dan output. Namun pada kesempatan kali ini kita membahas salah satu perangkat keras output pada komputer yaitu monitor. Untuk itu silahkan simak uraian berikut ini
Pengertian Monitor
Monitor adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual. 
Dalam hal ini monitor berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah komputer dan sebuah komputer takkan bisa digunakan jika monitornya tidak ada. Itulah alasan mengapa monitor dianggap sangat penting dalam sebuah komputer.

Fungsi Monitor
Monitor berfungsi dan berperan untuk menampilkan semua data hasil proses baik itu teks, gambar, atau video yang berasala dari hasil proses.
Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda – beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat proses. Misalnya sebuah layar monitor 17 inci memiliki resolusi 1024x768. 
Inci merupakan ukuran diagonal pada sebuah monitor, sedangkan resolusi merupakan lebar dan tinggi pixel yang akan menentukan kualitas gambar yang ditampilkan pada sebuah monitor.
Beberapa Jenis Monitor
1.   CRT (Chatode Ray Tube)
Monitor ini sering disebut monitor tabung, bukan tanpa alasan monitor ini disebut begitu, karena pada monitor ini terdapat sebuah media tabung sinar katoda. 
Monitor ini bekerja dengan cara memancarkan sinar elektron ke sebuah titik – titik kecil di layar. 
Monitor ini memiliki konsep kerja yang hampir sama dengan televisi tabung yang berat dan besar namun memiliki harga yang murah.
2.   LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor ini sudah tidak menggunakan tabung hampa lagi untuk menampilkan gambar tapi sudah menggunakan media cairan kristal. 
Teknologi ini bekerja dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair lalu dipancarkan secara elektrik yang akan membentuk sebuah panel – panel kecil yang datar. 
Monitor ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT, namun ukuran monitor LCD lebih ramping.
3.   LED (Light Emitting Diode)
LED memiliki bentuk yang lebih slim alias ramping daripada monitor LCD. Monitor jenis ini juga memiliki kelebihan dalam hal konsumsi daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan monitor LCD. Namun monitor jenis ini memiliki harga yang mahal.
4.   Monitor Plasma
Pada monitor ini terdapat gas neon yang dialiri listrik yang akan menciptakan pixel. Gas neon ini berada diantara dua plat kaca. 
Monitor ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik karena proses pembuatan gambar dilakukan secara langsung tanpa diuraikan terlebih dahulu.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian, fungsi dan jenis monitor komputer. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan pada pembahasan materi diatas. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar, karena saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari anda tapi jangan spam ataupun link aktif ya..
Terima kasih karena telah berkunjung dan semoga bermanfaat..

Share this :

Previous
Next Post »