Contoh Penggunaan Perintah Manajemen Paket APT pada Ubuntu

Contoh Penggunaan Perintah Manajemen Paket APT pada Ubuntu
Contoh Penggunaan Perintah Manajemen Paket APT pada Ubuntu - Saat menggunakan Ubuntu anda perlu mengetahui manajemen paketnya agar dapat melakukan berbagai kegiatan komputerisasi. Berbeda dengan windows yang hanya tinggal klik ini dan itu saja.
Tujuan penggunaan manajemen paket APT pada Ubuntu :
- Untuk menginstal dan menghapus software
- Mendownload file
- Untuk meng-update dan meng-upgrade pembaharuan sistem
- Menghandel paket dependensi dan masih banyak lagi.
 

Berikut contoh penggunaan manajemen paket pada Ubuntu :
Perintah yang digunakan untuk melakukan manajemen paket harus diketikan pada terminal Ubuntu, jika anda sudah membukanya sekarang perhatikan beberapa penggunaan manajemen paket pada ubuntu yang saya jelaskan di bawah ini :
 

1. Reload Repositori
sudo apt-get update
Ini merupakan perintah yang digunakan untuk mengunduh daftar isi yang berupa berkas dan disimpan pada direktori /var/lib/apt/list/ dari repositori yang telah ditunjuk oleh source.list. Perintah apt-get install bisa dilakukan jika anda sudah memiliki daftar isi repositori yang sudah dikonfigurasi di source.list
 

2. Instal Paket   
sudo apt-get install namapaket 
contoh : sudo apt-get install mozilla
Saat anda menginputkan perintah ini ke dalam terminal, maka apt-get akan membaca nama paket lalu mencocokkannya dengan database dpkg untuk mencari dependensi dari paket tersebut. Kemudian apt-get akan mengunduh paket dependensi yang diperlukan dan instalasi paket akan dilakukan oleh dpkg. 

3. Menghapus paket 
sudo apt-get remove namapaket
contoh : sudo apt-get remove mozilla  
Pada perintah ini apt-get akan membaca paket yang anda minta lalu dpkg akan melakukan proses penghapusan paket. Harap perhatikan setiap paket yang akan dihapus oleh dpkg karena bisa saja secara tidak sadar anda menghapus paket yang dibutuhkan oleh system.
Baca Juga : Kenali Ubuntu Lebih Dalam

4. Upgrade seluruh paket
    sudo apt-get update
    sudo apt-get upgrade
    sudo apt-get dist-upgrade
Perintah diatas harus di inputkan satu persatu ke terminal. Memasukkan ketiga perintah di atas berarti anda meng-upgrade seluruh aplikasi yang terinstal pada Ubuntu anda ke versi terbarunya.
 

5. Upgrade Versi Rilis Ubuntu
sudo do-release-upgrade
Perintah ini merupakan perintah tambahan dari Canonical Ltd dan bukan bagian dari APT. Perintah ini ditujukan untuk anda yang ingin meng-upgrade versi Ubuntu anda.

6. Hapus APT Cache

sudo apt-get clean
Perintah ini berguna untuk membebaskan ruang partisi dari berkas paket .deb yang ada di /var/cache/apt/archives.
Itulah beberapa Contoh Penggunaan Perintah Manajemen Paket APT pada Ubuntu. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel di atas.

Share this :

Previous
Next Post »