Pengertian dan Jenis-Jenis Power Supply Komputer

Jenis - Jenis Power Supply Komputer
Pengertian dan Jenis-Jenis Power Supply Komputer – Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang biasa ada pada bagian belakang casing. Perangkat ini berfungsi memberi daya terhadap komponen lainnya, seperti motherboard, Processor, RAM, Hard disk, dan lain sebgainya. Karena perangkat keras komputer hanya bisa beroperasi menggunakan arus DC, maka di pada power supply terjadi suatu perubahan arus dari AC (bolak-balik) dan DC (Searah).

Jenis-Jenis Power Supply
 1. Power Supply AT
Power Supply AT merupakan jenis power supply lama dan mulai jarang digunakan, bahkan sudah tidak digunakan sama sekali. Untuk Power Supply Jenis AT, dalam melakukan pemasangan kabel power ke motherboard, kabel berwarna hitam pada dua konektor harus bertemu ditangah bila disatukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung dengan tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan, kita harus menekan tombol power yang ada pada casing bagian depan.
Ciri-ciri Power Supply AT:
    a. Kabel power untuk motherboard terdiri 8 – 12 pin
    b. Tombol ON/OFF bersifat manual
    c. Daya rata-rata dibawah 250 watt
    d. Ketika shutdown, PC tidak otomatis mati tetapi masih harus menekan tombol power di casing

 2. Power Supply ATX
Power supply Jenis ATX (Advacned Technology Extended) adalah jenis power supply yang saat ini paling banyak digunakan. Yang membedakannya dengan Power supply AT adalah cara pemasngan kabel power ke motherboard yang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu khawatir akan terbalik, karena jenis konektor pada kabel sudah disesuaikan dengan jenis slot yang ada pada motherboard.
Ciri-ciri Power Supply ATX:
    a. Kabel power untuk motherboard terdiri dari 20 – 24 pin
    b. Ketika shutdown PC akan otomatis mati
    c. Terdapat tambahan power SATA
    d. Daya lebih besar
    e. Efisiensi lebih baik

Itulah sedikit penjelasan mengenai Jenis - Jenis Power Supply Komputer. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel diatas.

Share this :

Previous
Next Post »