Tanda – Tanda RAM Komputer Rusak dan solusinya

Tanda – Tanda RAM Komputer Rusak dan Solusinya - Semua perangkat yang ada pada komputer, pasti ada saat dimana perangkat tersebut mengalami kerusakan. Dengan berbagai penyebab yang sangat bervariasi, baik itu disengaja atau pun tidak. Kita sebagai pengguna pun pasti akan merasa jengkel jika komputer ataupun laptop yang kita miliki bermasalah disaat kita sedang memiliki keperluan dan pekerjaan yang sangat mendesak untuk diselesaikan.
Tanda – Tanda RAM Komputer Rusak dan solusinya
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ciri – ciri rusaknya RAM atau memori pada komputer agar kita dapat meminimalisir permasalahan yang akan terjadi, dan setidaknya membuat kita bisa mengambil tindakan dini untuk mengantisipasi masalah yang lebih besar. Jika anda ingin mengetahuinya silahkan lihat ulasan dibawah ini :

Tanda - tanda RAM komputer rusak :
1.   Komputer sering mati secara tiba – tiba atau mendadak
Saat anda sedang menggunakan komputer lalu tiba – tiba saja komputer anda mati, ini bisa menjadi pertanda bahwa RAM komputer anda mengalami kerusakan. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena pemutusan paksa arus listrik juga dapat menyebabkan berbagai komponen lain yang ada pada komputer anda juga rusak, jadi lebih baik anda cepat mengambil tindakan untuk memperbaiki RAM ini dan jika perlu menggantinya dengan RAM yang baru, agar kerusakan tidak merembes pada komponen lain.
2.   Memori pada komputer tidak terdeteksi atau berkurang
Saat komputer dihidupkan jika anda merasa komputer anda lambat, maka coba lihat memorinya, apakah berkurang ataupun tidak terdeteksi oleh Windows . Jika ini terjadi, maka ini menandakan bahwa RAM pada komputer anda bermasalah.
3.   Saat komputer dihidupkan hanya muncul layar hitam
Biasanya ini terjadi pada saat komputer anda dihidupkan dan Ini merupakan tanda yang menandakan bahwa RAM pada komputer anda sedang bermasalah. 
4.   Komputer hidup, namun RAM tidak terdeteksi oleh BIOS
Hal ini biasanya terjadi karena modul RAM kotor terkena debu, namun hal ini bisa menyebabkan komputer anda tertahan pada menu BIOS.
5.   Terdengar bunyi beep pada saat komputer dihidupkan
Jika terdengar suara beep saat komputer baru dihidupkan maka ada kemungkinan bahwa RAM komputer anda mengalami kerusakan. Namun cek dahulu kode beep yang dihasilkan pada komputer anda karena setiap BIOS memiliki arti yang berbeda – beda pada setiap kode beep nya.
6.   Sering terjadi Blue Screen
Ini juga bisa menjadi tanda untuk anda bahwasanya RAM pada komputer anda bermasalah, namun anda harus memastikannya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lebih lanjut, untuk itu anda bisa menggunakan aplikasi Blue Screen Viewer untuk memastikan apakah memang RAM anda yang rusak atau ada perangkat lain pada komputer anda yang menyebabkan terjadinya Blue Screen.
7.   Banyak aplikasi yang tidak bisa diakses
Ini terjadi karena RAM anda tidak dapat mengakses data tersebut karena RAM anda mengalami kerusakan.
8.   Komputer terasa lelet
Ini juga bisa menjadi acuan bagi anda yang menandakan RAM komputer anda bermasalah. Ini terjadi karena RAM tidak dapat membantu kinerja processor, sehingga kerja processor menjadi berat dan akan berakibat pada berkurangnya performa yang dihasilkan komputer anda.

Beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki RAM yang rusak
a.    Jika pada komputer anda terdapat dua slot memori, namun disana hanya terdapat satu memori, silahkan anda pindahkan memori tersebut ke slot memori lainnya yang ada pad komputer anda.
b.    Jika terdapat dua memori pada komputer anda, coba anda tukar posisi memori misalnya memori A berada pada slot 1 dan memori B berada pada slot 2, maka anda tukar posisi memori A pada slot 2 dan memori B pada slot 1.   
c.    Coba bersihkan modul memori anda dengan penghapus karet yang masih bersih. Bagian yang dibersihkan pad memori adalah bagian kuningannya. Ini bertujuan agar debu yang ada pada memori bisa lepas.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai tanda – tanda RAM yang rusak dan solusinya. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar karena saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari anda tapi jangan spam ataupun link aktif ya...
Terima Kasih karena telah berkunjung dan semoga bermanfaat... 

Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

Laptop kalau di hidupkan selalu restart saat booting, setelah 2 sampai 3 kali baru bisa berjalan dengan normal

Balas
avatar

hallo saya ingin bertanya di bagian nomor 5.
Terdengar bunyi beep pada saat komputer dihidupkan
Bagaimana cara mengatasi hal tersebut.
Dan apabila sudah terindentifikasi ram yang rusak.
Kenapa ram tersebut bisa rusak dan bagaimana cara memperbaiki ram yang rusak tersebut selain mengganti ram yang baru.

tolong di balas

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔