Cari Tahu Pengertian dan Fungsi VGA di Sini

Cari Tahu Pengertian dan Fungsi VGA di Sini - Saat anda memutar sebuah video ataupun bermain game berat pada komputer  anda, ada sebuah komponen yang berfungsi mengatur kualitas gambar yang muncul pada komputer anda. Komponen itu biasa disebut VGA (video graphic accelerator) yang secara umum berfungsi mengubah sinyal digital yang ada pada komputer menjadi tampilan grafik yang ditampilkan pada monitor komputer anda. Untuk mengetahui pengertian dan fungsi VGA secara lebih dalam silahkan lihat pembahasan dari saya berikut ini :

Pengertian VGA
Merupakan komponen pendukung yang ada pada komputer yang berfungsi mengolah tampilan grafik pada monitor komputer. 
VGA atau video graphic accelerator berguna untuk menerjemahkan semua sinyal digital pada komputer untk kemudian nantinya akan ditampilkan di layar monitor.
Cari Tahu Pengertian dan Fungsi VGA di Sini
Awalnya istilah VGA digunakan pada layar monitor yang mempunyai resolusi 640 x 480, namun juga sering digunakan pada konektor VGA yang mempunyai 15 pin yang masih digunakan untuk menerjemahkan sinyal digital dan menampilkannya pada layar monitor.
Pada sebuah VGA juga terdapat sebuah processor yang disebut GPU atau graphic processing unit dan sebuah memori.
Pada tahun 1987, salah satu perusahaan komputer yaitu IBM memasarkan VGA untuk pertama kalinya dan VGA ini dijadikan standar tampilan pada komputer analog, walaupun standar VGA itu tidak digunakan lagi pada saat ini, namun implementasinya masih digunakan pada pocket PC.
Untuk mereka yang menggunakan komputer dengan tujuan desain grafis dan bermain video game resolusi tinggi, maka membutuhkan sebuah VGA yang mampu mengimbangi itu.   

Fungsi VGA
Memiliki fungsi menerjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik pada layar monitor. 
Intinya VGA memiliki fungsi mengubah keluaran atau output dari komputer menjadi tampilan grafik yang akan ditampilkan pada layar monitor. 
Tidak hanya itu VGA juga berfungsi memaksimalkan tampilan grafis pada monitor komputer. 
Baca Juga : Cache Pada Memori Komputer
Seorang desain grafis dan pemain game sangat membutuhkan sebuah VGA yang sangat mumpuni untuk menampilkan suatu grafis yang berkualitas tinggi. 
Jika seorang desain grafis dan gamers menggunakan VGA yang biasa maka gambar yang ditampilkan takkan bagus dan biasanya gambar yang muncul pada monitor akan terpecah seperti kotak - kotak. 
Sedangkan jika anda menggunakan VGA itu untuk bermain game online, maka akan terjadi delay (keterlambatan) pada gambar yang ditampilkan pada layar monitor anda.
VGA pada komputer terletak pada sebuah socket yang ada di motherboard yang disebut slot ekspansi. 
Saat ini ada banyak sekali vendor yang memproduksi VGA dengan kelebihan yang berbeda – beda tentunya, tapi pilihlah VGA yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Berikut beberapa jenis VGA
·         Kartu VGA ISA
Yaitu kartu VGA yang mempunyai arsitektur sistem input dan output 8bit atau 16bit yang diletakkan pada slot ekspansi ISA (industry Standard Architecture).
·         Kartu VGA EISA
Mempunyai arsitektur sistem input dan output 32bit yang diletakkan pada slot ekspansi EISA (extended industry standard architecture) pada motherboard.
·         Kartu VGA PCI
Memiliki arsitekture sistem input dan output 32bit atau 64bit dan diletakkan pada sebuah slot ekspansi yang disebut PCI (peripheral component interconnect)
·         Kartu VGA AGP
Sistem input dan outputnya memiliki arsitektur 128bit atau 256bit dan diletakkan pada slot ekspansi AGP (accelerated graphics port).
·         Kartu VGA PCI Express (PCIe)
Mampu mentransfer data dengan kecepatan 32 GB/s dan dipasang pada slot ekspasi PCIe (peripheral component interconnect express).
Saat ini semua VGA sudah mampu menerjemahkan data keluaran 3D dari komputer secara lebih sempurna karena sudah dilengkapi dengan teknologi Graphic Accelerator Chipset. 
Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja SoundCard
Teknologi ini mampu mengubah sinyal digital gambar 3D sehingga gambar 3D dapat ditampilkan pada monitor.
Tidak hanya itu sekarang ini VGA juga sudah dilengkapi dengan teknologi 3D accelerator yang dapat mengoptimalkan kualitas gambar 3D yang di tampilkan pada layar komputer anda.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian dan fungsi VGA. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan pada pembahasan materi di atas. Silahkan tinggalkan komentar pada form komentar tapi jangan spam ya..
Terima Kasih karena sudah berkunjung dan semoga bermanfaat....

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔