Pengertian dan Fungsi Processor

Pengertian dan Fungsi Processor - Sebelum mulai membahas materi ini saya ingin mengingatkan anda bahwa processor merupakan komponen yang benar dan sangat – sangat vital yang ada pada komputer. Itulah penyebab mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa processor merupakan otak komputer. Processor atau mikroprocessor memiliki peran sebagai pusat pengendali semua operasi yang ada pada komputer yang didukung oleh komponen – komponen lain yang ada pada komputer.
Pengertian dan Fungsi Processor
Sumber : pixabay.com
Pada dasarnya processor terdiri dari kumpulan IC yang mengontrol dan memanajemen keseluruhan jalannya sistem yang ada pada komputer. Processor juga bisa mengukur semua operasi atau kegiatan yang terjadi pada komputer dalam satuan MHz
Komponen penyusun processor :
1.   Control Unit (CU)
Berperan untuk mengontrol segala aktivitas atau lalu lintas data yang ada pada komputer seperti input dan output.
2.   Aritmatics Logical Unit (ALU)
Berperan untuk melakukan operasi matematika sesuai instruksi yang diberikan oleh user.
3.   Register
Suatu tempat penyimpanan data sementara yang berukuran kecil dan memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Pengertian dan Fungsi Processor
Pengertian processor
Yaitu kumpulan IC yang berperan mengontrol dan memanajemen semua operasi yang terjadi pada komputer yang didukung oleh berbagai perangkat lainnya dan terletak pada sebuah socket yang ada pada motherboard. 
Baca juga : Jenis - jenis Processor Komputer
Dari pengertian diatas dapat dilihat bahwa processor adalah komponen vital yang wajib dimiliki sebuah komputer, namun sebuah processor takkan ada gunanya jika tidak didukung oleh komponen komputer lainnya.
Processor diukur dalam satuan Ghz (Gigahertz), semakin besar angka yang tertera pada processor maka kecepatan processor juga tinggi. Namun komponen lain yang ada pada komputer juga menentukan kecepatan proses data pada komputer, walaupun kecepatan yang tertera pada processor tinggi tapi jika tidak diimbangi dengan komponen – komponen yang berkurangi, maka kinerja processor itu takkan maksimal.
Fungsi processor
Pada dasarnya processor berfungsi memproses data yang dimasukkan melalui proses input dan kemudian menghasilkan data tersebut dalam bentuk keluaran atau output yang dikeluarkan dalam bentuk  gambar, video dan lain – lain.
Bagian CPU yang ada pada processor merupakan bagian yang terbentuk dari sirkuit elektronik yang beroperasi dengan kecepatan tinggi yang dibantu oleh quartz crystal. Saat sebuah processor melakukan proses elektrik, processor akan mengirimkan sebuah sinyal atau gelombang khusus yang disebut peaks dan clock speed. Jumlah clock biasanya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem yang merupakan kelipatan dari frekuensi motherboard. 
Baca juga : Ketahui Penyebab Processor Cepat Panas 
Sebuah processor dapat bekerja dengan dukungan dari processor komputer lainnya terutama hardisk dan RAM. Kecepatan sebuah processor memproses semua operasi dan data yang dimasukkan oleh user ke komputer juga bergantung pada komponen pendukung komputer, jika komponen pendukung komputer berkualitas maka kecepatan maksimal dari processor dapat dicapai. 
Kecepatan kinerja pemprosesan data yang dilakukan oleh processor bisa saja sangat lambat jika komponen pendukung lain yang ada pada komputer tidak dapat mengimbangi kecepatan processor. Rajinla merawat semua komponen penyusun komputer anda selalu, agar kinerja dan kecepatan proses datanya tetap terjaga.
Jadi dari fungsi diatas kita dapat mengetahui bahwa peran penting processor tak dapat digantikan dan sangat penting, tapi tetap harus ada dukungan dari komponen komputer yang lain. 
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian processor dan fungsinya. Jika anda sudah memahami artikel diatas, anda juga wajib baca mengenai jenis - jenis processor dan penyebab processor komputer atau laptop cepat panas. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan dari pembahasan materi diatas. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar tapi ingat jangan spam dan link aktif ya... 
Terima Kasih karena telah berkunjung...

Share this :

Previous
Next Post »