Macam – Macam Hardware Komputer dan Pengertiannya

Macam – Macam Hardware Komputer dan Pengertiannya - Mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah pernah menggunakan komputer, jadi pastinya anda juga sudah pernah melihat dan menggunakan  hardware komputer walaupun anda tidak menyadari benda apa yang anda gunakan tersebut. Dalam bahasa Indonesia hardware dapat diartikan perangkat keras pada komputer.

Macam – Macam Hardware Komputer dan Pengertiannya
Pengertian hardware :
Hardware merupakan perangkat yang ada pada komputer yang wujudnya dapat dilihat dan diraba, yang saling keterkaitan satu sama lain. Hal ini terjadi karena hardware pada komputer memiliki sifat saling melengkapi (bukan buat orang pacaran ya...) sehingga jika satu hardware komputer rusak atau bermasalah maka kinerja komputer tidak akan maksimal.
Macam – Macam Hardware Komputer dan Pengertiannya
Sumber : en.wikipedia.org
Kebanyakan komponen perangkat keras komputer dirakit (tapi ada juga sebagian yang sudah dimasukkan ke casing komputer oleh pihak produsen) menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Secara umum hardware pada komputer dikelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi 4 yaitu :
1.   Input Device
Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa input berarti masukan sedangkan device berarti perangkat. Jadi bisa disimpulkan bahwa input device itu berarti perangkat masukan. Perangkat masukkan yang dimaksud disini ialah perangkat atau alat yang bisa digunakan oleh user (pengguna) untuk memasukkan perintah dan data baik itu berupa suara, gambar dan lain – lain.
Beberapa perangkat keras komputer yang termasuk dalam kategori perangkat masukan :
·         Keyboard
Perangkat ini merupakan salah satu perangkat masukan yang wajib ada pada komputer. Perangkat ini terdiri dari deretan angka, huruf, sejumlah simbol yang kita perlukan untuk menginputkan (memasukan) perintah pada komputer. Walaupun sebenarnya pada sistem operasi windows memiliki on-screen keyboard tapi bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan keyboard standar pasti akan merasa kurang nyaman menggunakannya karena akan menghabiskan banyak waktu jika kita ingin mengetikkan sejumlah kata.
·         Joystik
Ini merupakan perangkat masukan yang biasa dipake buat main game. Bagi para gamers sejati yang tingkat dewa pasti tahu dengan perangkat masukan komputer yang satu ini karena dengan alat ini akan memberikan sensasi bermain game yang berbeda dibandingkan hanya dengan menggunakan keyboard komputer biasa. Joystick bergerak seperti kursor, biasanya cara menggunakan alat ini seperti memegang microfon, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini
·         Mouse
Mouse juga merupakan salah satu perangkat masukan komputer yang sangat penting. Kenapa saya mengatakan sangat penting ?. Karena tanpa adanya mouse bagaimana kita akan menggerakkan kursor komputer, bagi anda yang menggunakan laptop mungkin tidak menjadi masalah yang besar bagi anda karena laptop mempunyai trackpad yang dapat menggantikan fungsi mouse tapi bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan mouse pasti merasa tidak nyaman menggunakan trackpad. Fungsi utama mouse adalah memberikan perintah pada komputer lewat klik yang dilakukan oleh user (pengguna)
·         Scanner
Sebenarnya perangkat ini tidak wajib ada pada komputer karena perangkat ini hanya bersifat pendukung yang tidak akan mengganggu kinerja komputer walaupun tidak ada pada komputer kita. Scanner memiliki fungsi untuk mengubah sebuah gambar atau teks yang ada pada suatu kertas menjadi suatu gambar yang dapat dibaca oleh komputer kita.
·         Touchpad
Touchpad memiliki fungsi yang sama seperti mouse hanya saja cara touchpad mendeteksi pergerakkan yang dilakukan user berbeda dengan mouse. Anda dapat menjumpai touchpad pada laptop dan notebook.
·         Microfon
Perangkat ini memiliki fungsi untuk memasukan data dalam bentuk suara ke komputer sehingga dapat diproses nantinya, apakah akan disimpan ataupun dimodifikasi sedemikian rupa.
2.   Proses Device
Semua data yang perintah ataupun data yang diterima komputer kita pastilah harus diproses dulu barulah nantinya kita diberi pilihan apakah perintah dan data kita akan disimpan atau diteruskan.
Berikut beberapa perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai perangkat proses :
·         Memori/RAM (Random Access Memory)
Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara karena RAM hanya menyimpan data dan perintah yang dilakukan processor jadi nantinya semua data atau perintah yang disimpan RAM akan hilang.
·         CPU/Processor
Banyak orang yang mengatakan bahwa CPU itu merupakan otak komputer. Itu memang benar jika benda ini tidak ada pada komputer anda, maka anda takkan bisa memasukan perintah ataupun data ke komputer karena yang akan memproses data tersebut adalah processor, jadi kalau tidak ada anda takkan bisa memasukkan perintah atau data apapun ke komputer anda.
·         VGA Card (Video Graphic Adapter)
Perangkat ini memiliki peran untuk memaksimalkan kualitas gambar yang tampil di monitor komputer kita. Bagi orang yang hanya menggunakan komputer untuk keperluan kerja maka tidak memerlukan VGA dengan spesifikasi tinggi, yang standar dari pabrikan saja sudah cukup. Tapi lain halnya dengan mereka yang bekerja sebagai desainer ataupun yang hobi games, mereka membutuhkan VGA berkualitas agar gambar yang ditampilkan pada layar monitor lebih berkualitas.
·         Power Supply
Merupakan perangkat yang berfungsi menyalurkan daya dari PLN ke semua komponen yang terhubung ke CPU kecuali monitor komputer. Tetapi pada laptop sudah mencakup semuanya tak terkecuali monitor.
3.   Output Device (Perangkat Keluaran)
Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan atau mengeluarkan data hasil dari proses device baik itu berupa teks, gambar, suara, simbol, dan lain – lain.
Beberapa perangkat komputer yang termasuk dalam kategori perangkat keluaran :
·         Monitor
Perangkat yang satu ini berfungsi menampilkan gambar ataupun video yang telah diproses sebelumnya.
·         Speaker
Berfungsi mengeluarkan data yang diproses dari proses device yang ditampilkan berupa suara.
·         Printer
Printer merupakan perangkat keluaran yang mencetak teks, gambar ataupun hal lain yang sebelumnya kita edit.
·         LCD Proyektor
Memang perangkat tidak begitu perlu, karena perangkat ini hanya digunakan untuk menampilkan gambar, teks dan lain – lain pada tampilan yang lebih besar dibanding monitor komputer kita.
4.   Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
Setelah semua data ditampilkan pastinya kita juga ingin menyimpan data tersebut, nah pada storage device inilah kita kan menyimpan data kita tadi secara permanen bukan sementara. Perangkat ini memiliki fungsi utama menyimpan data yang telah di proses dan dilihat tadi.
Beberapa perangkat penyimpanan pada komputer :
·         Hardisk
Sebuah komputer memiliki tempat penyimpanan data internal yang dinamakan hardisk yang dapat menyimpan data secara permanen tapi tetap bisa dihapus jika kita menginginkannya.
·         Flashdisk
Merupakan perangkat penyimpanan eksternal yang memiliki fungsi yang sama seperti hardisk. Hanya saja flashdisk berada diluar komputer atau bisa dikatakan flashdisk tidak dijual satu set dengan komputer.
·         CD/DVD
Dengan ini kita juga bisa menyimpan data kita. Ada banyak jenis CD/DVD seperti DVD-RW yang bisa dihapus dan ditulis ulang.
·         Floppy Disk
Merupakan perangkat penyimpanan eksternal yang juga bisa digunakan untuk menyimpan data. Hanya perangkat ini sudah lama ditinggalkan karena kapasitas dan daya tahannya yang rendah.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai macam - macam hardware komputer dan pengertiannya. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan pada pembahasan materi diatas karena kita sama -  sama masih berada dalam proses belajar jadi mari bersama kita saling memberi kritik dan saran. Bagi anda yang ingin berkomentar silahkan tinggalkan di form komentar tapi jangan spam dan link aktif ya...
Terima kasih karena telah berkunjung...

Share this :

Previous
Next Post »