Cache pada Memori Komputer

Cache Pada Memori KomputerCache Pada Memori Komputer -
Kata Cache berasal dari kata cash yang berarti tempat penyimpanan sementara. Penggunaan cache pada memori bertujuan mempercepat kecepatan transfer data. Data yang dimaksud disini adalah data yang pernah diakses oleh user pada cache.
Jadi jika ingin mengakses data itu lagi data bisa diakses dengan lebih cepat.
Cache pada memori bisa diibaratkan seperti jembatan yang menghubungkan processor dengan memori utama yang berkecepatan rendah.

Cara kerja cache memori
Saat processor membutuhkan data, maka processor akan terlebih dahulu mencarinya pada cache.
Namun jika tidak ditemukan processor akan mencarinya di RAM dan membuat kecepatan processor menjadi berkurang .
Kesimpulannya cache menyimpan data yang pernah diakses user sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi dan ini akan membuat kecepatan processor meningkat karena naiknya bandwith memori.

Fungsi cache pada memori 
1.   Mempercepat akses data dan kinerja memori
2.   Mengurangi beban kerja processor
3.   Mengatasi perbedaan kecepatan antara memori utama dan CPU.

Level pada cache memori 
1.   Cache Memori L1, cache ini memiliki kecepatan yang paling tinggi dibandingkan cache lainnya namun harganya juga mahal. Cache ini terletak dibagian dalam processor.
2.   Cache Memori L2, cache ini disebut cache eksternal karena berada diluar processor dan memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan Cache Memori L1.
3.   Cache Memori L3, cache ini hanya dimiliki oleh processor yang core-nya lebih dari satu seperti dualcore.

Itulah sedikit ulasan mengenai cache pada memori komputer, silahkan berkomentar jika tulisan saya diatas memiliki kesalahan ataupun kekurangan. Silahkan berikan saran anda di form komentar karena saya akan dengan senang hati menerimanya. Terima kasih

Share this :

Previous
Next Post »