Kenal Bios lebih dalam yuk

Kenal Bios lebih dalam yuk - Bios merupakan salah satu kompunen atau program vital yang wajib ada pada sebuah komputer ataupun laptop. Banyak orang yang hanya menggunakan BIOS untuk mengatur darimana booting awal komputer yang diperlukan sebelum melakukan proses instal ulang.
Padahal Bios memiliki peran yang lebih penting daripada itu, karena tanpa adanya Bios komputer takkan bisa digunakan . pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa bios itu sebenarnya ?.
Pengertian, fungsi, cara akses, konfigurasi dan cara kerja BIOS
Sumber : en.wikipedia.org
Pengertian, fungsi, cara akses, konfigurasi dan cara kerja BIOS

Apa itu BIOS ?.
Basic Input Output System atau BIOS merupakan salah satu firmware yang mengatur fungsi dasar dan membantu proses load PC ke OS ( Operating System seperti Windows). Bios tertanam pada CMOS komputer yang terletak di bagian tertentu mainboard yang salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan konfigurasi waktu komputer setelah komputer dimatikan. Jadi saat kita menghidupkan komputer, kita tidak perlu mengatur konfigurasi waktu komputer lagi. Kesimpulannya Bios memiliki peran untuk mengatur aliran data antara sistem operasi dengan perangkat keras komputer.
Fungsi Utama Bios ?
Bios berfungsi memberikan perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi keadaan perangkat keras komputer (seperti mouse dan keyboard) yang disebut dengan POST (Power On Self Test) pada saat komputer baru dihidupkan sebelum akhirnya ke sistem operasi. 
Baca Juga : Cari Tahu Perbedaan BIOS dan UEFI yuk !
Cara mengakses BIOS
Setiap komputer dan laptop memiliki tombol untuk mengakses Bios yang berbeda, namun pada kebanyakan komputer tombol delete, Esc, F1 dan F2 yang digunakan untuk mengakses Bios. Cara mengakses Bios yaitu tekan Delete atau F2 secara berulang – ulang saat komputer baru dihidupkan sampai menu Bios muncul di monitor komputer.
Cara mengatur konfigurasi Bios : 
Sebenarnya mengatur konfigurasi Bios itu sangat mudah kalau kita tahu caranya, kalau kita tidak tahu ya tetap aja sulit. Saat menu Bios sudah muncul di monitor komputer, anda bisa menggunakan tombol Page Up dan Page Down untuk melakukan konfigurasi pengaturan yang ada di windows. Beberapa hal yang bisa dikonfigurasi pada menu Bios :
1.   System Time/Date -> mengatur konfigurasi tanggal dan waktu pada komputer.
2.   Boot Sequence -> Mengatur konfigurasi urutan booting komputer.
3.   Plug and Play -> Mendeteksi perangkat keras/device yang terhubung dengan komputer.
4.   Mouse/Keyboard -> Ini berguna untuk mengaktifkan keyboard, mouse dan lain – lain.
5.  Drive Configuration -> Mengatur konfigurasi hardisk, floppy drive, dan CD-ROM.
6.   Power Management -> Memberi pilhan pada anda jika ingin menggunakan manajemen daya dan juga untuk konfigurasi waktu saat stanby dan suspend.
7.   Security -> Ini merupakan menu yang berguna untuk mengkonfigurasi password untuk mengakses komputer tapi ini jarang dilakukan orang karena jika kita lupa passwordnya maka akan sulit untuk memperbaikinya.
8.   Memory -> Mengatur Bios untuk mengisi memori tertentu pada komputer.
9.   Exit -> Untuk keluar dari menu bios, anda bisa menyimpan konfigurasi bios yang anda lakukan tadi dengan menekan tombol F10 atau mengembalikannya ke pengaturan awal Bios dengan menekan tombol Esc.

Cara Bios bekerja ?.
Diatas sudah saya sebutkan bahwa bios melakukan proses inisialisasi perangkat keras komputer yang berisi bagaimana keadaan hardisk, berapa memory yang sudah terinstall dan lain – lain. Kemudian jika semua keadaan perangkat keras komputer dalam keadaan siap dioperasikan baru akhirnya Bios akan melakukan proses booting sesuai dengan urutan konfigurasi booting yag sudah kita lakukan tadi. 
Baca Juga : Ini Cara Kalau Pengen Tahu Versi BIOS kamu
Itulah sedikit pembahasan mengenai Bios, saya mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan pada materi diatas. Bagi anda yang ingin memberi komentar, silahkan isi di form komentar karena saya sangat senang menerima kritik dan saran dari anda . 
Terima Kasih

Share this :

Previous
Next Post »