Jenis - Jenis Baterai Laptop

Jenis - Jenis Baterai Laptop - Saat kita membeli sebuah laptop,pasti kita juga akan diberikan sebuah baterai yang terletak di bagian bawah laptop. Karena jika laptop kita yang kita beli tidak memiliki baterai maka bukan laptop namanya tetapi komputer, yang harus selalu tersambung pada arus listrik dan tidak bisa dibawa kemana. Berbeda dengan laptop yang memiliki baterai sehingga bisa digunakan tanpa terhubung arus listrik dengan catatan baterai itu sudah terisi daya sebelumnya dan pastinya laptop bisa dibawa kemanapun.
Beberapa jenis baterai laptop
Sumber : en.wikipedia.org
Pada zaman saat ini ada banyak sekali jenis baterai yang digunakan pada laptop, berikut di antaranya : 
1.  Baterai Nickel Cadmium atau bisa disingkat NiCd. Baterai ini merupakan baterai pertama yang bisa digunakan untuk laptop. Sebenarnya dulu baterai ini merupakan standar teknologi dalam baterai laptop, namun karena baterai ini memiliki banyak kekurangan akhirnya baterai ini ditinggalkan. Beberapa kekurangan baterai NiCd :
a.   Baterai ini memiliki bobot yang berat jika dibandingkan dengan baterai laptop jenis lain.
b. Baterai ini rentan terkena memory effect maksudnya jika kita menggunakan baterai ini dalam keadaan belum benar – benar habis dan kita melakukan pengisian daya ulang baterai ini, maka baterai hanya akan menyimpan daya sebesar daya saat kita mengisi baterai tadi. Hal ini membuat kapasitas penyimpanan baterai menjadi berkurang.
c. Cadmium merupakan zat yang terkandung dalam baterai ini dan zat ini merupakan zat yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Akan terjadi pencemaran lingkungan jika zat ini dibuang sembarangan.
2.  Baterai Nickel Metal Hydride dan bisa disingkat NiMH yang merupakan pengganti baterai Nickel Cadmium. Baterai ini lebih baik daripada baterai nickel cadmium karena tidak memiliki zat cadmium yang berbahaya bagi lingkungan dan tidak terlalu berpengaruh terhadap kapasitas baterai jika di isi ulang saat dayanya belum benar – benar habis . Baterai ini juga mampu menyimpan daya dua kali lebih besar daripada baterai nickel cadmium sehingga kita bisa menggunkannya dengan waktu yang lebih lama . Namun baterai ini sangat sensitif dan tidak bisa digunkan pada temperatur yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.
3. Baterai Lithium Ion merupakan standar baru dalam teknologi baterai laptop. Baterai Lithium Ion atau bisa disingkat Li-Ion memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan baterai nickel metal hydride dan bisa menyimpan daya yang sama besar dengan baterai metal hydride. Baterai ini aman dari zat berbahaya yang bisa mencemari lingkungan tetapi sangat mudah tersulut api makanya jangan buang baterai ini di sembarang tempat. 
Itulah sedikit ilmu tentang beberapa jenis baterai laptop, saya minta maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan dalam materi di atas. Silahkan tulis di form komentar jika anda ingin memberi saya kritik dan saran, karena saya sangat senang menerima kritik dan saran dari anda semua. 
Terima Kasih   

Share this :

Previous
Next Post »