Intel Core i9 dari Varian Intel X-Series beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Intel Core i9 dari Varian Intel X-Series beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Sumber : Intel
Intel Core i9 dari Varian Intel X-Series beserta Kelebihan dan Kekurangannya - Sebenarnya sudah sedikit terlambat untuk memberitakan produk baru Intel ini, namun gak ada salahnya untuk mengulas kembali, siapa tahu masih ada yang ingin membacanya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sudah beberapa tahun tidak ada varian processor intel yang lebih tinggi dari Core i7, namun itu akan berubah karena sudah hadir Intel Core i9 yang varian tertingginya memiliki 18 core dan yang terendah memiliki 10 core. Hadirnya Core i9 dari Intel ini dimaksudkan untuk mempertahankan dominasi Intel di pasar processor dunia, yang tak ingin kalah dari rivalnya yaitu AMD yang baru saja merilis AMD Ryzen yang memiliki 16 core pada varian tertingginya. Pada perilisan Core i9 ini juga diumumkan hadirnya produk baru Intel yaitu X-series, yang hadir dengan socket LGA 2066 dengan chipset X299 guna menggantikan chipset X99 yang sudah lama ada. Dengan ini tentu anda harus menggunakan motherboard jenis baru untuk dapat menggunakan processor varian X-series ini. Ada beberapa seri yang dihadirkan dari varian X-series ini yaitu Core i5 dan Core i7 dari varian entry level, dan varian tertinggi yaitu Core i9-Extreme Series dan Core i9-Series untuk kelas enthusiast alias hanya ditujukan untuk PC High-End dan berdasarkan berita yang saya dapat Intel mengatakan bahwa tidak akan menghadirkan Core i9 untuk laptop.

Seperti yang sudah saya tuturkan diatas, bahwa varian Core i9 memiliki 18 Core dan teknologi Hyper Threading yang mampu menjalankan 36 tugas sekaligus dalam sekali jalan. Tentu processor dengan teknologi ini sangat cocok untuk anda yang sering melakukan multitasking banyak aplikasi sekaligus dan tugas berat lain seperti render video yang membutuhkan processor dengan performa tinggi.

Setelah penjelasan yang panjang lebar sekarang saya akan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari Intel Core i9 ini, berikut ulasannya.

Kelebihan Intel Core i9
1. Hadirnya fitur Turbo Boost Max 3.0
Pada processor Intel X-Series, Intel menyertakan teknologi Turbo Boost Max 3.0 untuk semua lini processornya termasuk Intel Core i9, Turbo Boost Max 3.0 ini merupakan teknologi Advanced dari Intel Turbo Boost yang sudah ada.
Hanya saja pada teknologi baru ini, processor dapat mengidentifikasi core paling kencang dan akan menggunakannya untuk melakukan tugas yang paling berat atau penting.
Ini bersifat sementara dan hanya akan dilakukan saat processor kewalahan melakukan banyak perintah. Dan yang paling menarik, teknologi Turbo Boost Max 3.0 ini sudah mendukung 2 core, sedangkan pada teknologi Turbo Boost Intel sebelumnya hanya mendukung 1 core.

2. Penyeimbangan hierarki Cache
Kita tahu bahwa cache merupakan RAM untuk processor itu sendiri, yang melakukan tugas dasar yaitu sebagai tempat penyimpanan data untuk melakukan tugas yang sudah sering terulang, agar processor tidak perhitungan melakukan proses perhitungan lagi saat tugas atau perintah itu dikerjakan lagi. Jadi semakin besar ukuran cache sebuah processor maka juga semakin cepat performa yang dihasilkan.
Nah pada Intel Core i9, Intel melipatgandakan jumlah cache pada setiap core, namun juga menyeimbangkan shared cache atau cache yang dapat digunakan oleh semua core, serta peningkatan pada waktu yang dibutuhkan processor untuk dapat mengakses cache.

3. Teknologi 4 Channel DDR4 RAM dan Intel Optane.
Dengan teknologi 4 Channel DDR4 RAM ini, para pengguna dapat menggunakan RAM sampai 128gb. Sebuah jumlah RAM yang sangat besar yang dapat dipasang pada sebuah komputer. Selain itu
teknologi Intel Optane juga berpotensi untuk memaksimal kinerja tempat penyimpanan anda, yang membuat performa harddisk anda kencang seperti layaknya anda menggunakan SSD.

Kekurangan Intel Core i9
Untuk dapat memiliki komputer dengan processor Intel Core i9, tentu tidak akan bisa jika anda hanya membeli processornya saja, komponen lain seperti motherboard, RAM dan lainnya tentu juga harus dibeli.
Nah untuk itu anda membutuhkan budget yang sangat besar untuk dapat meminangnya. Harga processor Core i9 saja sudah mahal, ditambah lagi motherboard jenis baru karena processor Intel X-series ini menggunakan socket baru yaitu LGA 2066. Gak kebayang berapa biaya yang dibutuhkan untuk dapat memiliki komputer dengan processor Core i9 ini.

Nah itulah sedikit pembahasan saya mengenai Intel Core i9 dari Varian Intel X-Series beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel diatas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Bagi Anda yang Ingin berkomentar, tapi jangan komentar yang isinya spam dan link aktif ya...

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔