Tips Memilih RAM yang Tepat Untuk Komputer dan Laptop

Tips Memilih RAM yang Tepat Untuk Komputer dan Laptop
Tips Memilih RAM yang Tepat Untuk Komputer dan Laptop - Anda para pengguna komputer dan laptop tentu tahu bahwa ada banyak komponen pendukung yang membangun sebuah laptop/komputer. Semua komponen ini memiliki keterkaitan satu dengan yang lain, sehingga performa yang dihasilkan sangat bergantung pada komponen yang terpasang pada komputer dan laptop. Salah satu komponen pembangun komputer yaitu RAM atau Random Access Memory. RAM adalah tempat penyimpanan data sementara yang memproses perintah yang diberikan oleh processor, yang mana saat komputer mati maka data yang ada pada RAM akan otomatis hilang. Komputer generasi pertama sampai komputer generasi terbaru yang ada pada saat ini, ada banyak sekali jenis slot RAM. Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis slot RAM yakni RAM Desktop PC, Notebook/Laptop dan juga RAM Server dan tipe seperti yang kita kenal RAM tipe DDR 1, DDR 2, dan DDR 3 dan DDR5.
Untuk kapasitas RAM tersedia kapasitas mulai dari 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB, hingga 32 GB. Namun kebanyakan RAM yang beredar dipasaran adalah RAM 2,4 dan 8 gb.

Selain itu slot RAM yang pada komputer dan laptop itu berbeda. Dimana RAM untuk laptop dikenal dengan nama SODIMM, sedangkan RAM untuk PC/ Komputer dikenal dengan nama DIMM. RAM memiliki peran penting dalam memproses perintah yang diberikan processor. Karena jika tidak ada RAM maka layar komputer ataupun laptop akan hitam walaupun komputer hidup.

Maka dari itu anda harus pintar dan jeli dalam memilih memori RAM dan merawatnya. RAM juga merupakan komponen komputer yang sensitif yang mudah rusak jika cara penggunaan dan perawatannya salah. Hal ini biasanya sering terjadi pada dekstop pc (komputer). Biasanya ada beberapa masalah yang sering terjadi pada RAM PC. Seperti layar hitam, bluescreen, terganggunya kinerja komputer dan berbagai masalah lain.

Walaupun begitu RAM yang memiliki masalah yang tergolong ringan masih dapat diperbaiki. Namun jika sudah diatasi dan tidak memberi dampak serta peruabahan,
maka bisa dinyatakan bahwa RAM tersebut rusak. Dengan begitu maka anda harus segera menggantinya agarkomputer bisa dioperasikan kembali. Nah bagi anda yang ingin mengganti ataupun menambah RAM dan sedang mencari RAM yang cocok untuk dipasang pada komputer/laptop, dibawah ini saya jelaskan beberapa tips untuk memilih yang cocok untuk komputer/laptop anda, yaitu :
Tips Memilih RAM yang Tepat Untuk Komputer dan Laptop
a. Carilah RAM yang sesuai dengan komputer/laptop anda, ada komputer yang mendukung dual channel dan ada juga yang hanya mendukung satu channel, jadi anda harus bisa
mencari RAM yang sesuai karena ini akan sangat berpengaruh pada kinerja yang dihasilkan.
b. Jika anda ingin menambah RAM dengan kapasitas 4gb maka belilah 2 RAM 2gb, dibandingkan 1 keping RAM 4gb performa yang dihasilkan sangat berbeda.
c. Pilih RAM yang sudah memiliki reputasi baik dimata pengguna, karena dari aspek ini kita bisa menilai bagaimana kualitas dari RAM tersebut, jika banyak komentar buruk
dari pengguna RAM tersebut berarti RAM itu tidak bagus, testimoni pengguna bisa anda di forum forum seperti kaskus.
d. Jangan memilih RAM dengan merek chip yang tidak jelas dari mana asalnya, pilihlah RAM dengan chip dari vendor yang sudah dipercaya kualitas RAM nya.
e. Jangan pernah membeli RAM yang tidak memiliki kemasan, yang membuat resiko untuk terjadinya kerusakan pada RAM tersebut semakin besar.
f. Bagi anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama, pilih lah RAM yang memiliki heat spreader/ kipas pendingin sendiri. Heat Spreader ini berguna untuk
menstabilkan suhu pada RAM tersebut. Walaupun harganya tergolong sedikit lebih mahal dari pada RAM biasa, namun RAM jenis ini menjaga kestabilan suhu dan kinerja komputer.
g. Pilih RAM dengan angka latency yang rendah
h. Pilih RAM dengan slot yang sesuai dengan komputer anda, kalau tidak ya tidak bisa digunakan.
i. Perhatikan pula kapasitas maksimal RAM yang bisa ditambahkan pada komputer/laptop anda. Karena setiap komputer memiliki kapasitas maksimal RAM yang berbeda.
j. Jika ingin menambah RAM komputer/laptop anda, pilih lah yang sesuai dengan spesifikasi dan frekuensi komputer/laptop yang anda miliki.

Itulah sedikit pembahasan mengenai tips memilih RAM yang tepat untuk komputer dan laptop. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan pada artikel diatas.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔