Alasan yang Membuat Pengguna Windows Sulit Bermigrasi ke Linux

Alasan yang Membuat Pengguna Windows Sulit Bermigrasi ke Linux
Alasan yang Membuat Pengguna Windows Sulit Bermigrasi ke Linux - Ini alasan yang membuat pengguna windows sulit bermigrasi ke linux Semua komputer memerlukan sistem operasi agar dapat digunakan. Banyak aspek yang mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam menggunakan sebuah sistem operasi. Mulai dari segi tatap muka, kemampuan, dukungan hardware dan berbagai aspek lain yang dapat menunjang kegiatan pengguna saat menggunakan komputer. Dari sini dapat dilihat bahwa seorang user harus mengetahui aspek yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sistem operasi yang akan digunakan. Jika salah memilih tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan puas saat menggunakan komputer. Kita tahu bahwa linux dan windows merupakan dua vendor sistem operasi raksasa yang saling memamerkan kelebihan dan fitur terbaik kepada para penggunanya.
Untuk user baru yang sudah terbiasa melihat tampilan windows, beranggapan bahwa windows itu adalah sistem operasi yang bagus, yang memilih tampilan dan cara penggunaan yang mudah walaupun windows yang digunakan adalah windows bajakan. Kalau anda anak sultan mah ga masalah untuk membeli windows dengan licensi original. Sebuah pola pikir yang secara tidak sadar tertanam di dalam kepala para pengguna komputer awam dan beranggapan bahwa linux itu sulit dalam penggunaannya. Pola pikir ini semakin membuat kebiasaan menggunakan windows bajakan sulit untuk diubah. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa alasan yang membuat
pengguna windows sulit untuk beralih menggunakan linux.



Alasan yang membuat orang sulit bermigrasi ke linux :
1. Tampilan tatap muka linux yang kurang familiar bagi para pengguna windows
Alasan pertama ini sebenarnya sedikit kurang tepat, karena aspek inilah yang membuat
linux memiliki ciri dibandingkan dengan OS lain. Namun walaupun seperti itu ada
sebagian orang yang beranggapan bahwa perbedaan tatap muka pada linux dan windows yang membuat mereka sulit untuk beradaptasi.

2. Dukungan driver hardware yang kurang memadai
Pada sistem operasi windows pengguna dimanjakan dengan dukungan hardware yang memadai yang dapat menunjang kegiatan user saat menggunakan komputer. Beda pada linux yang tidak memiliki dukungan hardware yang banyak.

3. Komunitas pecinta windows semakin banyak
Pada saat sekarang ini sudah ada banyak sekali komunitas pengguna windows yang menyediakan wadah untuk para anggota agar dapat saling berdiskusi mengenai permasalahan yang mereka alami saat menggunakan windows. Walaupun linux juga memiliki banyak komunitas sebagai tempat diskusi ataupun sekedar tempat berbagi trik dan tips seputar linux, namun menurut saya itu belum cukup. Pola pikir kemudahan menggunakan windows yang secara tidak sadar tertanam dalam benak pengguna komputer membuat usaha yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan ini harus lebih besar.

4. Sulitnya mencari tutorial linux yang sesuai
Yang ini juga salah satu alasan saya sulit untuk beralih menggunakan linux karena saat searching di internet tentang cara instalasi ataupun solusi untuk masalah saat menggunakan linux, ada banyak sekali cara dan versi yang berbeda untuk menyelesaikannya. Penjelasan detail yang dihadapi saat menggunakan linux pun sangat sulit untuk ditemui, kalaupun ada biasanya berbahasa inggris.
Sudahlah kepala pusing karena linux error ditambah lagi solusi masalah yang sangat bervariasi dan tidak tahu solusi mana yang paling benar tambah pusing dong jadinya. Misalnya saja begini anda ingin menginstal driver vga pada linux anda, saat di di searching di google, hasil yang muncul sangat bervariasi yang semakin membuat bingung para pengguna linux baru. Efek yang ditimbulkan masalah ini adalah semakin tertanamnya anggapan bahwa menggunakan linux itu sulit.

5. Linux yang kurang stabil
Walaupun banyak yang mengatakan bahwa linux itu adalah sistem operasi yang stabil. Namun bagi saya itu kurang tepat. Menurut saya pengembang linux lebih suka membuat distro linux baru dibandigkan mengembangkan dan memperbaharui yang sudah ada. Memang masih ada beberapa distro linux yang terus di kembangkan oleh pembuatnya namun itu tidak banyak dan membuat pilihan linux yang cocok untuk pengguna baru semakin sedikit. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya repositori distro linux yang mati dan tidak menyediakan update an untuk distro linuxnya. Memang jika dibandingkan dengan windows, linux sangat kalah dari segi pendanaan pengembang, ya jelas saja karena windows memiliki team pengembang yang selalu diberi upah dari hasil penjualan lisensi windows, sedangkan linux dana pengembang berasal dari donasi yang diberikan oleh para penggunanya. Ya gak salah juga sih kalau hanya sedikit distro linux yang dapat bertahan dan terus dikembangkan.

6. Beda linux bisa jadi perintah pada terminal juga berbeda
Nah ini nih yang sulit, anda tahu bahwa linux itu adalah sistem operasi berbasis text, jadi saat anda ingin menginstal ataupun membuka aplikasi pada linux anda harus mengetikan perintahnya di terminal linux.
Perintah untuk menginstal software pada setiap linux bisa saja berbeda, jadi pengguna harus menghafalkan banyak perintah agar dapat menggunakan linux. Tentu ini memberatkan para pengguna windows yang ingin beralih menggunakan linux.
Mungkin beberapa aspek diatas adalah alasan yang membuat saya dan mungkin juga anda sulit untuk bermigrasi ke Linux. Itulah pendapat saya tentang hal yang memberatkan orang untuk beralih menggunakan linux, bisa saja pendapat anda berbeda.
Demikianlah pembahasan saya mengenai alasan yang membuat pengguna windows sulit bermigrasi ke linux. Mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Bagi Anda yang Ingin berkomentar, tapi jangan komentar yang isinya spam dan link aktif ya...

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔