Penyebab Motherboard/Mainboard Mati Total

Penyebab Motherboard/Mainboard Mati Total
Penyebab Motherboard/Mainboard Mati Total - Anda semua pasti sudah tahu bahwa mainboard itu memiliki peran vital pada sebuah komputer/laptop. Mainboard itu berbentuk seperti papan PCB besar yang menghubungkan semua komponen komputer, jadi bisa jika mainboard anda rusak, bisa di pastikan kecil kemungkinan untuk dapat diperbaiki. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa penyebab mainboard mati total.
 

Penyebab mainboard mati total :
1. Daya listrik yang mengalir ke mainboard tidak stabil
Komputer itu merupakan satu kesatuan yang terdiri dari berbagai perangkat, yang jika salah bagiannya mengalami masalah maka kinerja komputer akan terganggu. Nah daya listrik yang di pasok oleh power supplay ke semua bagian komputer harus stabil dan jika perlu anda juga bisa menambahkan stabilizer/UPS agar saat terjadi pemadaman listrik, daya pada komputer anda tidak langsung drop begitu saja, namun turun secara bertahap. Tidak stabilnya daya listrik yang masuk ke mainboard dapat menyebabkan kerusakan sampai mati total, sebenarnya tidak hanya mainboard, komponen lain pada komputer juga memiliki peluang kerusakan yang sama jika daya listrik yang masuk tidak stabil.

2. Hubungan arus pendek/konsleting listrik
Banyak hal yang menyebabkan arus pendek pada mainboard, mulai listrik tidak stabil hingga mainboard yang terkena air. Beban berlebihan yang diterima mainboard juga dapat menyebabkan hubungan arus pendek dan berakibat pada mati totalnya mainboard, ini biasa dikarenakan pemilihan power supplay yang kurang tepat.

3. Rusaknya komponen elektronik mainboard
Kedua poin di atas juga dapat membuat komponen elektronik mainboard rusak. Tidaknya hanya itu mematikan komputer secara paksa juga berpeluang menyebabkan kerusakan komponen. Jika kerusakan komponen mainboard komputer anda belum parah sebaiknya cepat dibawa ke teknisi komputer dan jika sudah terlalu banyak kerusakan maka bisa jadi mainboard anda akan mati total.

4. Panas berlebihan
Untuk anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama, sebaiknya dalam waktu 4 atau 5 jam matikan komputer anda sekitar 15 atau 30 menit agar suhu komputer anda bisa kembali dingin. Panas berlebihan ini juga bisa disebabkan oleh pasta processor yang sudah mengeras yang membuat perpindahan panas dari processor ke heatsink tidak maksimal. Dan jika ini terjadi gantilah pasta processor anda sebelum panas yang dihasilkan processor membuat kinerja komputer menjadi lambat dan lebih parahnya lagi mainboard komputer anda bisa mati total.
Itulah beberapa penyebab motherboard/mainboard komputer mati total. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel di atas.

Share this :

Previous
Next Post »