Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas desktop environment yang populer dan banyak digunakan pada sistem operasi linux. Desktop Environment (DE) atau lingkungan desktop adalah tampilan antarmuka grafis antara pengguna dengan sistem linux.

Beberapa desktop environment yang populer dan banyak digunakan
Banyak sekali DE yang digunakan para pengguna Linux, namun saya hanya akan menjelaskan beberapa DE linux yang populer yaitu :
1. Unity
Merupakan DE default Ubuntu yang khusus dibuat oleh Canonical Ltd untuk Ubuntu dan tidak ada distro linux lain yang menggunakan DE ini.
Unity sebenarnya adalah shell yang berjalan di atas DE Gnome, namun tetap memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan Gnome.
Pada DE ini terdapat fitur dash yang memudahkan setiap pengguna untuk mencari file, folder dan berbagai aplikasi yang terinstal di Ubuntu.

2. Gnome 3.x
Merupakan DE linux dengan tampilan dan tradisional yang sangat memudahkan para penggunanya. Ubuntu sendiri pada awalnya juga menggunakan gnome sebagai lingkungan desktopnya sampai versi 11.04, namun setelah versi itu tim pengembang Ubuntu yaitu Canonical Ltd membuat lingkungan desktop sendiri yaitu Unity. Gnome menjadi lingkungan desktop yang populer karena cara penggunaannya yang sederhana.
Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
3. KDE Plasma Desktop
Berbeda dengan Gnome yang dibangun dengan toolkit GTK, KDE dibangun dengan toolkit Qt. Lingkungan desktop ini bisa anda lihat pada Slackware yang menjadikan KDE sebagai DE defaultnya.

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
4. XFCE
Lingkungan desktop ini sangat ringan dan hemat sumber daya. Berbeda dengan gnome dan KDE, XFCE sangat cocok untuk anda yang suka gonta ganti tampilan karena XFCE sangat mudah untuk di kustomisasi. Salah satu distro linux yang menggunakan XFCE sebagai lingkungan desktop defaultnya adalah Xubuntu.

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
5. Cinnamon
Awalnya Cinnamon adalah paket Gnome Shell Extension yang bernama Mint Gnome Shell Extension (MGSE) yang dikembangkan khusus untuk Linux Mint. Cinnamon memiliki tampilan classic dan sangat cocok bagi mereka yang menyukai posisi taksbar yang berada di sudut kiri bawah desktop.

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
6. MATE
Dibuat dan dikembangkan oleh mereka yang tidak bisa beralih dari gnome 2. DE ini dibangun berdasarkan source code gnome 2. MATE memiliki
kemiripan dengan Cinnamon, hanya saja Cinnamon dibangun berdasarkan source code Gnome 3.

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
7. LXDE
LXDE adalah lingkungan desktop yang sangat ringan sehingga cocok digunakan pada PC lama yang memiliki spesifikasi rendah.
Walaupun ringan namun lingkungan desktop ini tetap user friendly. Salah satu distro linux yang menggunakan lingkungan desktop ini adalah Lubuntu.

Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer
Itulah beberapa Desktop Environment atau Lingkungan Desktop Linux yang Populer. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel di atas.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔