Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4

Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4 - Sebelumnya saya akan menjelaskan kembali apa itu RAM, pada dasarnya RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara yang diproses oleh procesor. Singkatnya RAM merupakan hadware yang memiliki peran vital dalam pengoperasian sebuah data, kecepatan sebuah RAM sangat menentukan waktu yang dibutuhkan processor untuk memproses data. Dan hal yang paling penting yang harus anda tahu, jika RAM tidak ada atau rusak otomatis monitor blank.

Perbedan RAM DDR3 dengan DDR4
Sumber : trustedreviews.com

Nah kembali ke judul artikel yaitu perbedaan antara RAM DDR3 dengan DDR4
Beberapa Perbedaan RAM DDR3 dengan RAM DDR4 :
DDR3
RAM jenis ini hadir pada tahun 2007 dan merupakan penerus dari DDR dan DDR2. RAM ini memiliki spesifikasi tegangan 1,5 v dan memiliki 240 pin dengan panjang sekitar 133,35 mm untuk seri PC, sedangkan untuk seri laptop atau SODIMM hadir DDR3L yang memiliki spesifikasi tegangan yang lebih kecil dari seri PC yaitu sekitar 1,35 v dan mempunyai kurang dari 204 pin dengan panjang 67mm. ada 6 frekuensi kecepatan yang tersedia dari varian DDR3 ini yaitu 800, 1066, 1333, 1600, 1866, dan 2133 MHz.
Perbedan RAM DDR3 dengan DDR4
Sumber : itechtics.com

DDR4
Mulai diperkenalkan dipasaran pada tahun 2014 silam, walaupun sudah 2 tahun sejak produk ini dirilis namun RAM jenis ini belum familiar dipasaran karena kebanyakan mainboard yang ada hanya cocok untuk RAM jenis DDR3 dan belum support untuk DDR4. RAM ini memiliki 288 pin untuk seri PC sedangkan pada SODIMM yang digunakan pada laptop memiliki 260 pin. Frekuensi kecepatan pada RAM ini lebih besar dari DDR3 yaitu 1600, 1866, 2133, 2400, 2667, dan 3200 MHz. walaupun frekuensi kecepatannya lebih tinggi dibandingan dengan DDR3 namun penggunaan daya pada DDR4 lebih efesien dari DDR3 yaitu hanya sekitar 1,05 v. RAM DDR3 hanya mampu menampung kepadatam memori hingga 8GB sedangkan DDR4 mampu menampung hingga 16GB
 
Kesimpulan 
Jika dilihat dari semua aspek diatas, ada perbedaan yang mendasar pada kecepatan kedua RAM tersebut. Hal ini bisa dilihat dari frekuensi, pin, serta jumlah kepadatan memori maka DDR4 lebih unggul dibandingkan dengan DDR3. RAM jenis DDR4 juga lebih efesien dalam penggunaan daya, namun dimana ada kualitas tentunya ada harga yang pantas untuk dibayar. Nah sekarang tinggal anda yang menentukan, jika anda memiliki budget yang minim anda bisa memilih DDR3, sedangkan untuk anda yang suka game dan memiliki budget lebih anda lebih baik membeli DDR4.
Itu saja sedikit postingan saya mengenai perbedaan DDR3 dengan DDR4, semoga setelah anda membaca postingan ini anda dapat memahami secara rinci perbedaan antara kedua jenis RAM ini. 

Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔