Jenis - jenis processor komputer

Jenis - jenis processor komputer - Ada banyak processor yang beredar dipasaran, mulai dari processor yang diperuntukan untuk keperluan kantor, pelajar dan ada juga yang diperuntukan untuk game dan desain grafis.
Jenis - jenis processor komputer
Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis – jenis processor, namun sebelumnya kita akan bahas kembali pengertian processor itu sendiri.
Processor adalah perangkat vital pada sebuah komputer ataupun laptop yang berfunsi untuk mengontrol keseluruhan sistem komputer. Processor merupakan otak komputer yang terletak pada socket mainboard.
Processor terdiri dari 3 bagian penting yaitu :
1.   Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Yaitu bagian processor yang berperan menghitung operasi aritmatika dan logika sesuai perintah yang diberikan oleh user.
2.   Control Unit (CU)
Berperan untuk mengontrol segala aktivitas atau lalu lintas data yang ada pada komputer seperti input dan output. Eksekusi dan perhitungan dapat dilakukan secara berurutan dengan adanya Control Unit pada processor.
3.   Register
Merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara yang memiliki kecepatan akses yang tinggi. Semua perintah yang sering digunakan processor akan disimpan disini, sehingga processor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama pada bagian lain dan akan membuat kinerja processor menjadi lebih ringan.
Register bisa diibaratkan sebagai sebuah penyimpanan data kebiasaan yang sering dilakukan. Misalnya jika kita ingin makan, karena makan merupakan sebuah kebutuhan dan merupakan kebiasaan yang sudah kita lakukan, kita tidak perlu memikirkan lagi dampak yang ditimbulkan setelah kita makan.
Setelah tahu bagian – bagian dari processor sekarang kita akan membahas jenis – jenis processor berdasarkan jumlah inti processor dan berdasarkan penggunaanya..
Jenis – jenis processor berdasarkan jumlah inti processor :
1.   Single core
Komputer yang menggunakan processor ini kebanyakan merupakan komputer produksi dibawah tahun 2004. Processor ini hanya memiliki 1 core atau 1 bagian inti pemprosesan . kinerja processor akan sangat lambat jika data yang diperlukan tidak ada pada cache memori processor, maka data tersebut akan dicari pada RAM ataupun perangkat penyimpanan lain yang dimiliki komputer. Dan akan menjadi lebih lambat saat user melakukan multi tasking.
Baca juga : Penyebab Processor Cepat Panas
Baca juga : Pengertian dan Fungsi Processor
2.   Dual core
Merupakan processor yang memiliki 2 core atau memiliki 2 inti pemprosesan . Processor ini memiliki kelebihan dalam hal pemprosesan data atau perintah user yang lebih cepat, ini terjadi karena pemprosesan data pada processor ini akan dibagi secara paralel sehingga proses data akan menjadi lebih cepat. Pada processor dual core terdapat satu daya yang digunakan secara bersama sama.
3.   Multi core
Merupakan processor yang memiliki core lebih dari 2. Pada processor multi core setiap core memiliki sumber daya yang berbeda dalam pengoperasiannya. Biasanya processor ini ditujukan untuk komputer server yang dituntut pada kecepatan akses data.
Jenis processor berdasarkan penggunaanya :
1.   Untuk PC desktop
Awalnya memang kebanyakan komputer desktop menggunakan processor dengan satu core atau 1 bagian inti pemprosesan, namun karena perkembangan teknologi sekarang komputer desktop sudah menggunakan processor dual core, sehingga pemprosesan data pada PC desktop menjadi lebih cepat.
2.   Untuk PC server
Processor pada komputer server sangat difokuskan pada pemprosesan dan pengolahan data yang cepat. Kebanyakan processor server memiliki memori level yang lebih besar dibandingkan dengan komputer desktop.
3.   Untuk mobile device
Processor ini ditujukan pada perangkat yang hanya memiliki sumber daya yang berasal dari baterai sehingga processor ini sangat dituntut dalam pemakaian energi yang sangat hemat, ukuran yang kecil dan suhu panas yang sangat minimal. Seperti pada smartphone, processor pada smartphone dituntut hemat energi agar pengguna tidak perlu sering – sering mengisi ulang daya kalau sering kan juga jadi repot.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai jenis – jenis processor. Mohon kritik dan saran agar artikel ini lebih sempurna karena saya sebagai penulis juga masih dalam tahap pembelajaran sehingga banyak terdapat kekurangan dan kesalahan pada pembahasan materi diatas.
Terima Kasih Karena Telah Berkunjung dan Semoga Bermanfaat...

Share this :

Previous
Next Post »