Spesifikasi Kompi Udah OK, namun tetap lemot kenapa ya ?..

Spesifikasi Kompi Udah OK, namun tetap lemot kenapa ya ?..Pasti anda akan merasa kecewa jikalau komputer berspesifikasi tinggi yang anda beli dengan harga yang sangat mahal namun kinerjanya tetep aja lemot.
Namun sebenarnya hal itu bisa saja terjadi karena berbagai alasan, hal itu bisa saja terjadi jika cara penggunaan ataupun cara perawatan system yang kurang tepat. Nah disini kita akan membahas beberapa alasan yang membuat komputer berspesifikasi tinggi namun tetep lemot ?.. Berikut ulasannya :
   
    Penyebab PC lemot walaupun spesifikasi sudah mumpuni :
    1.   Terlalu banyak membuka aplikasi besar secara bersamaan
Sebuah aplikasi seperti Adobe Photoshop memerlukan asupan memori yang sangat besar untuk mengoperasikannya. Apalagi jika anda membuka aplikasi besar lainnya secara bersamaan maka akan membuat kinerja memori (RAM) anda menjadi sangat berat. Jika kinerja memori (RAM) sudah berat maka secara otomatis akan mengakibatkan kinerja PC anda menjadi berat juga. Dan itu akan berdampak pada tampilan PC anda yang terlihat patah – patah (istilah gamersnya lag -  lag gitu deh).
Jadi usul dari saya jangan serakah dalam membuka aplikasi, gunakanlah aplikasi seperlunya saja agar kinerja PC anda tetap terjaga.
    
    2.   Bocornya memori (RAM)
Spesifikasi Kompi Udah OK, namun tetap lemot kenapa ya ?..

Ini terjadi karena bug (masalah) dari suatu software. Anda harus tahu bahwasanya software yang anda gunakan akan disimpan pada memori (RAM) dan akan ditindih oleh software lain saat software tersebut tidak digunakan.
Ada beberapa sofware yang memiliki bug yang tetap bisa mempertahankan tubuhnya di dalam memori (RAM) meskipun tidak digunakan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan membengkaknya memori (RAM) dan ini akan membuat software lain yang sedang berjalan terblokir.
Untuk mengatasi hal ini anda harus merestart ataupun mencari update an dari software tersebut.
Anda bisa memilih cara mana yang lebih mudah bagi anda, pilih restart software ataupun meng-update aplikasi tersebut..
   3. Penggunaan sistem operasi (operating system) yang salah
Spesifikasi Kompi Udah OK, namun tetap lemot kenapa ya ?..

Anda perlu tahu ada 2 arsitektur sistem operasi yaitu 32 bit dan 64 bit. Misalnya jika anda memiliki komputer yang kapasitas memori (RAM) nya dibawah 4 GB maka anda harus menggunakan sistem operasi yang ber-arsitektur 32 bit dan sebaliknya jika anda memiliki komputer yang memori (RAM) nya yang berkapasitas diatas 4 GB maka sebaiknya anda menggunakan sistem operasi yang ber-arsitektur 64 bit.
Mengapa saya mengatakan demikian ?.. Karena sistem operasi yang ber-arsitektur 32 bit hanya mampu membaca memori (RAM) yang kapasitasnya 4 GB, walaupun anda memiliki memori (RAM) berkapasitas 6 GB maka yang terbaca oleh sistem operasi tersebut hanyalah 4 GB.
Nah itulah sedikit penyebab komputer yang berspesifikasi tinggi namun tetap lemot.
Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan dalam pembahasan materi diatas karena sayapun masih dalam proses pembelajaran, mari kita sama – sama belajar agar ilmu yang didapat semakin banyak.
Jika anda memiliki saran, silahkan tinggalkan saran anda pada kolom yang ada di bawah artikel ini.
Semoga bermanfaat dan terima kasih karena anda telah berkunjung..
Tolong share ya jika artikel ini dirasa bermanfaat.
Terima kasih...      

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔