Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Soundcard

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja SoundcardPerangkat ini penting adanya pada sebuah komputer, namun banyak yang tidak menyadari keberadaan dan nama alat tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perangkat komputer yang berperan dalam menampilkan file keluaran dari proses dalam bentuk suara. Perangkat itu disebut soundcard, berikut penjelasan lebih lengkapnya :
Pengertian Soundcard
Jika diartikan kata soundcard berarti kartu suara, kartu ini berfungsi mengolah data berupa file suara. Soundcard juga berperan mendukung sistem output suara seperti speaker, agar suara yang dihasilkan oleh speaker lebih berkulitas.
Berikut pembagian soundcard menurut tempat pemasanagannya :
1.   Soundcard Onboard
Adalah soundcard yang sudah terpasang dan sudah ada pada mainboard komputer. Soundcard ini sudah dipasang oleh pihak yang memproduksi mainboard, jadi soundcard ini tidak bisa dilepas dari mainboard. Soundcard ini berbentuk chipset, dan untuk pengoperasiannya soundcard ini membutuhkan bantuan processor. Soundcard ini sudah cukup jika hanya digunakan untuk memutar musik.
2.   Soundcard Offboard
Soundcard ini merupakan soundcard yang diletakkan pada slot ISA atau PCI yang ada di mainboard, namun kebanyakan mainboard saat ini mengunakan slot PCI. Soundcard ini dapat mengoptimalkan suara yang dihasilkan oleh speaker komputer anda. Karena kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus daripada hanya menggunakan soundcard onboard, soundcard ini tidak digunakan jika hanya untuk keperluan memutar musik saja. Itu terjadi karena soundcard ini memiliki harga yang mahal.
Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Soundcard
Sumber : en.wikipedia.org
3.   Soundcard External
Dalam penggunaanya soundcard ini dipasang pada port eksternal yang ada pada komputer seperti USB, soundcard ini mampu menghasilkan suara dengan kualitas tinggi. Dan soundcard ini sangat cocok diigunakan untuk merekam suara.

Fungsi Soundcard
Soundcard berfungsi mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh proses komputer. Namun soundcard juga memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai penerjemah sinyal analog menjadi sinyal digital saat anda melakukan proses perekaman suara, soundcard juga bisa menerjemahkan sinyal digital menjadi sinyal analog saat anda ingin mendengarkan sebuah file suara. Soundcard juga berfungsi sebagai synthesizer dan juga sebagai MIDI interface.

Cara kerja soundcard
-      Mendengarkan suara
Saat anda ingin mendengarkan sebuah file suara. File suara berupa wavefrom.wav atau mp3 dikirim ke soundcard. Lalu file tersebut diolah dan diproses oleh DSP (digital signal processing) yang bekerja sama dengan DAC (digital analog converter). DAC disini memiliki peran untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Setelah sinyal diubah, sinyak tersebut diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker komputer.
-      Merekam suara
Saat anda ingin melakukan perekaman suara, proses penginputan suara dilakukan lewat sebuah mikrofon. Lalu suara diolah oleh DSP (digital signal processing) yang kemudian akan dikirim ke ADC (analog digital converter) yang berperan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Kemudian sinyal akan disimpan dalam format wavefrom table (.wav).
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja soundcard. Mohon maaf jika ada kesalahan atau pun kekurangan pada pembahasan materi diatas. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar, karena saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari anda, tapi ingat komentarnya jangan spam atau pun link aktif ya...
Terima kasih karena telah berkunjung..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔