Pengertian dan jenis – jenis mainboard

Pengertian dan jenis – jenis mainboard - Benda ini merupakan sebuah komponen penyusun CPU yang mempunyai peran besar dalam pemprosesan data. Hal yang membuat saya mengatakan demikian ialah karena mainboard merupakan tempat processor dan socketnya berada. Karena processor berada pada mainboard komputer, jadi pastilah mainboard itu perangkat keras yang sangat penting dan sangat vital peranannya yang akan mempengaruhi kinerja komputer anda. Mungkin secara tidak sadar anda pernah melihat atau bahkan menyentuhnya tapi karena menyangka itu hanya hanya perangkat komputer biasa maka anda tidak perlakuan memberikan perlakuan istimewa pada benda ini. Perlakuan istimewa yang dimaksud disini ialah berhati – hati saat memegangnya karena mainboard komputer rentan terkena listrik statis yang berasal dari tangan kita.

Pengertian dan jenis – jenis mainboard
Pengertian mainboard
Mainboard atau bisa juga disebut motherboard berarti papan induk. Papan induk ini merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi menghubungkan berbagai perangkat keras lain yang dihubungkan pada satu tempat menjadi satu kesatuan agar bisa saling bekerja sama dalam sebuah sistem komputer.
Mainboard bisa diibaratkan sebagai sebuah terminal tempat berkumpulnya berbagai perangkat keras dan tempat pengontrolan bagaimana arus listrik dan data yang masuk atau keluar. Mainboard berbentuk seperti papan PCB yang dibuat dengan banyak socket yang berguna untuk meletakkan berbagai perangkat pendukung komputer seperti memori.
Jadi sebuah fungsi utama sebuah mainboard adalah menghubungkan berbagai perangkat menjadi satu kesatuan agar bisa bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Setelah anda mengetahui pengertian mainboard, sekarang mari kita lihat beberapa jenis mainboard berikut ini :
1.   Mainboard AT Baby/AT
Mainboard ini memiliki sistem sirkulasi udara yang baik dan juga memiliki kemudahan dalam pengaksesan atau pengambilan komponen yang ada didalamnya saat ada kerusakan. Mainboard berformat ini digunakan dalam 386 dan juga oleh 486 komputer pertama.
Pengertian dan jenis –jenis mainboard
Sumber : wikipedia.org
2.   Mainboard ATX
Mainboard ini merupakan pengganti mainboard AT Baby. Mainboard ini dibuat berdasarkan pengembangan dari mainboard AT Baby yang katanya punya sirkulasi udara dan kemudahan akses yang dibaik tapi pastinya ATX memiliki sirkulasi dan kemudahan akses yang lebih daripada itu.
Pengertian dan jenis –jenis mainboard
Sumber : wikipedia.org
3.   Mainboard BTX
Mainboard ini mempunyai arah socket yang siselaraskan dengan arah udara mengalir agar sirkulasi udara pada mainboard ini lebih maksimal. Mainboard BTX atau Balanced Tekchnology Extended yang dikembangkan Intel dibuat untuk menutupi kekurangan mainboard yang sudah ada sebelumnya yang pastinya dalam hal pengendalian suhu panas pada mainboard, pengaturan letak socket agar lebih efisien (dalam pengaksesan dan sirkulasi udara), serta pengoptimalan sirkulasi udara yang lebih baik.
Pengertian dan jenis –jenis mainboard
Sumber : wikipedia.org
4.   Mainboard ITX
Mainboard ITX atau Information Technology Extended memiliki tampilan yang simple dan dinamis. Mainboard ini didukung oleh VIA yang dibuat dengan pengonfigurasian letak socket agar lebih efisien dalam pengaksesan dan sirkulasi udara yang sangat baik.
Pengertian dan jenis –jenis mainboard
Sumber : wikipedia.org

Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian dan jenis – jenis mainboard. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan pada pembahasan materi diatas. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar, karena saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari anda tapi jangan spam dan link aktif ya..
Terima Kasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Bagi Anda yang Ingin berkomentar, tapi jangan komentar yang isinya spam dan link aktif ya...

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔