Melihat Lebih Dalam Perbedaan Antara Software, Hardware, dan Brainware

Melihat Lebih Dalam Perbedaan Antara Software, Hardware,  dan Brainware - Kalian mungkin sudah pernah mendengar dan mengetahui arti dari judul di atas, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas kembali materi ini. Ketiga hal diatas merupakan aspek penyusun yang sangat penting dalam komputer.
Mari kita lihat satu per satu pengertian dari hardware,software, dan brainware

Perbedaan Antara  Software,Hardware, dan Brainware
Pengertian Software
Suatu program yang tidak memiliki bentuk fisik yang dibuat oleh seorang programer menggunakan bahasa pemprograman tertentu yang dibuat dengan tujuan tertentu. Software atau biasa kita kenal dengan perangkat lunak merupakan pengontrol kerja hardware komputer. Banyak peran dasar sofware yang tak dapat digantikan seperti penerjemah perintah atau instruksi yang diberikan user (pengguna) dalam bentuk bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh hardware komputer. Karena software mempunyai banyak peran penting, jadi software dibagi menjadi beberapa kategori yaitu :
·         Sistem Operasi (Operating System)
Software yang berada pada lapisan pertama ini merupakan pengontrol dan pengkonfigurasi hardware (perangkat keras) dan juga sofware yang melakukan operasi – operasi dasar pada sistem komputer. Sistem operasi memiliki peran sebagai penghubung antara hardware dengan software lainnya.
Beberapa contoh sistem operasi :
1.   Windows
2.   Linux
3.   Macintosh
·         Aplikasi (application)
Perangkat lunak atau software ini merupakan aplikasi yang siap pakai yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia baik itu dalam pengolahan angka, huruf dan lain lain.
Beberapa contoh software aplikasi :
1.   Microsoft Word -> pengolah kata
2.   Microsoft Excel -> pengolah angka
·         Software bantu (utility)
Software ini biasanya membantu sistem operasi dalam membersihkan file – file sampah yang ada pada komputer seperti CCleaner .
·         Bahasa Pemprograman
Suatu aplikasi yang dapat meng-compiler sebuah program seperti netbeans.

Pengertian Hardware
Komponen ini juga sangat penting dan wajib ada pada sebuah komputer. Hardware atau bisa diartikan dengan perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud dapat dilihat dan dapat juga disentuh. Ada banyak sekali perangkat keras penyusun sebuah komputer mulai dari yang berfungsi sebagi penyuplai daya listrik dari PLN sampai mengkonfigurasi dan mengontrol semua operasi yang terjadi pada komputer.
Berikut beberapa pembagian hardware menurut fungsinya :
·         Input Device (Perangkat Masukan)
Perangkat ini berfungsi menerima semua data dan perintah yang diberikan oleh user untuk kemudian diproses. Data yang diterima itu dapat berbentuk suara, huruf, maupun simbol – simbol yang nantinya akan diproses. Contoh perangkat komputer yang termasuk dalam kategori perangkat masukan yaitu keyboard dan mouse.
·         Process Device (Perangkat Pemprosesan)
Setelah semua data yang diterima oleh perangkat masukan maka data taupun perintah itu akan diproses terlebih dahulu. Perangkat ini akan memberikan pilihan kepada user apakah data yang masuk ke komputer akan di simpan, di hapus ataupun akan diolah kembali. Contoh perangkat pemprosesan yaitu processor dan memori.
·         Output Device (Perangkat keluaran)
Merupakan perangkat yang mempunyai peranan untuk menampilkan semua data yang telah diproses sebelumnya, baik itu dalam bentuk suara, gambar, ataupun teks yang dicetak diatas sebuah kertas. Salah satu contoh perangkat keluaran yaitu speaker dan monitor.
·         Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
Berfungsi untuk menyimpan data yang diinputkan oleh user secara permanen. Data yang disimpan adalah data yang  telah diproses dan ditampilkan oleh perangkat output sebelumnya. Salah satu perangkat penyimpanan yang ada pada komputer yaitu hardisk.

Pengertian Brainware
Brainware dapat dikatakan sebagai pengguna. Pengguna yang dimaksud di sini ialah orang yang menggunakan, mengkonfigurasi maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan dengan komputer. Kesimpulannya brainware adalah orang yang menggunakan komputer.

Keterkaitan antara Software, Hardware, dan Brainware
Ketiga merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan yang mempunyai hubungan timbal balik. Software, hardware, dan brainware merupakan hal yang saling bergantung satu sama lain dan jika diantara tiga hal diatas tidak ada maka dua hal yang lain juga menjadi tidak berguna. Misalnya hardware dan software ada tetapi brainware atau orang yang akan mengoperasikan komputer tersebut tidak ada maka komputer tidak ada bedanya dengan sampah, sampah yang tidak gunanya karena tak ada yang akan menggunakannya. Jadi fungsionalitas komputer dapat terjadi jika ketiga hal diatas ada.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai keterkaitan antara software, hardware, dan brainware. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan pada pembahasan materi diatas. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar tapi jangan spam dan link aktif ya..
Terima kasih

Share this :

Previous
Next Post »