Pengen tau sejarahnya mouse, berikut artikelnya

Pengen tau sejarahnya mouse, berikut artikelnya -Bagi anda pengguna PC pasti anda pernah menggunakan alat ini. Namun apakah anda tahu bagaimana pengertian mouse secara detail. Mouse merupakan perangkat input dan perangkat keras dari sebuah PC yang memiliki banyak kegunaan salah satunya yaitu memasukkan perintah kepada komputer. Tapi apakah kalian tahu siapa penemu mouse ? Mouse pertama kali dibuat dan dikembangkan oleh Douglas Engelbart yang berasal dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.
Sebenarnya ada perangkat lain yang digunakan untuk memasukkan perintah pada komputer yang disebut dengan “bugs”. Bugs bekerja dengan sistem pendeteksi gerakan tetapi karena penggunaan mouse dianggap lebih mudah maka mouse lah yang dipilih. Namun kenapa perangkat ini diberi nama mouse ?. karena mouse menyerupai bentuk tikus dan kabel yang terhubung ke komputer itu ekornya. Mouse pertama menggunakan 2 buah roda yang saling tegak lurus yang berguna untuk mendeteksi gerakan.
Beberapa tipe mouse : 
1.   Mouse tipe Trackball 
Pada awal tahun 1970 an Bill English di Xerox Parc menggunakan bola yang dapat berputar ke semua arah dan pada mousenya terdapat sensor yang dapat mendeteksi gerakan dari bola tersebut. Saat itu mouse digunakan dengan posisi terbalik yaitu bola berada di atas dan jari kita sebagai penggerak bolanya. Ini lah yang dikenal mouse tipe trackball.
 
2.   Mouse tipe Optikal 
Pada mouse optikal ini tidak menggunakan bola sebagai pendeteksi gerakan namun menggunakan LED dan photo dioda sebagai sensor gerakannya. Mouse ini pertama kali dibuat oleh Steve Irsch yang berasal dari Mouse System Corporation. Saat itu mouse ini hanya bisa digunakan pada sebuah mouse pad khusus yang berwarna metalik yang bergaris biru abu – abu.
 
3.   Mouse tipe Laser  
Pada tahun 2004 sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan Agilent Technologies yaitu Logitech memperkenalkan mouse laser yang diberi nama Logitech MX 1000 yang diklaim mempunyai akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mouse optikal. 
Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai sejarah, saya meminta maaf jika ada kekurangan pada materi diatas. Silahkan berkomentar jika anda mau memberikan saran karena saya sangat senang menerima masukkan dari anda. Terima kasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔