Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP

Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP
Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP - Pada kesempatan ini saya akan membahas tool / software apa saja yang perlu anda siapkan untuk dapat belajar bahasa pemrograman php. 

Tanpa berpanjang lebar, berikut ulasannya :
1. Teks Editor
Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP
Teks editor merupakan tempat yang kita gunakan untuk menulis script php. Tidak hanya itu pemilihan teks editor yang tepat membuat kita nyaman belajar bahasa pemrograman PHP.

Ada banyak sekali teks editor yang bisa anda gunakan, baik yang versi gratis ataupun berbayar, seperti notepad++, sublime text, atom, visual studio code, dan java netbeans. Kok netbeans ? Bukannya netbeans digunakan untuk menulis script Java ya ?. Pada umumnya memang banyak orang yang menggunakan netbeans untuk menulis script Java, tapi netbeans juga bisa digunakan untuk menulis script PHP. Namun ini tidak saya sarankan, karena netbeans tergolong aplikasi yang memakan banyak ruang RAM, sehingga akan memberatkan komputer anda. 

Untuk itu silahkan gunakan teks editor yang hanya memakan sedikit ruang RAM, seperti sublime text dan notepad++. Sebenarnya dengan notepad biasa pun anda sudah bisa menulis script PHP, hanya saja tampilan script akan terlihat monoton dan membuat anda sulit mencari kesalahan pada script yang anda tulis. Silahkan pilih sendiri ya.

2. Browser
Kalau yang ini terserah saja, gunakanlah browser paling anda sukai dan yang bisa membuat anda nyaman saat belajar PHP. Boleh Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau browser lainnya.

3. Web Server
Pada artikel sebelumnya "Belajar PHP : Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP" sudah saya jelaskan bahwa bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa yang berjalan di sisi server. Untuk itu anda memerlukan web server untuk dapat menguji script PHP. Ada banyak sekali web server yang bisa anda gunakan, salah satunya Apache.

Jika anda sudah membaca artikel sebelumnya pasti anda tahu, bahwa bahasa pemrograman PHP digunakan untuk memproses data yang di inputkan user, jadi tentu anda akan membutuhkan tempat untuk menampung data tersebut. Nah untuk itu anda membutuhkan Mysql.
Menurut Wikipedia, MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
Kalau menurut saya, Mysql merupakan satu dari sekian banyak RDBMS (Relational Database Management System) yang didukung PHP dan bisa anda gunakan untuk menyimpan data. Dan kabar baiknya lagi, Mysql berlisensi Open Source alias gratis.

Ternyata banyak juga ya tool yang harus dipersiapkan untuk belajar PHP ?.

Udah, ga usah pusing kan udah ada Xampp. Nah ini apalagi ? Xampp merupakan paket software lengkap yang didalamnya sudah tersedia Web server apache dan Mysql, jadi anda
tidak perlu menginstall tool tersebut satu persatu. Xampp sendiri juga gratis dan bisa anda download si situs resminya yaitu https://www.apachefriends.org/download.html dan pilih xampp dengan versi 7.2.7 karena dalam paket xampp ini sudah tersedia paket PHP versi 7.2.7 . Mengapa harus itu ?. Bukannya ada yang lain, alasan utamanya karena saya menggunakan versi itu, biar sejalan gitu maksudnya. Boleh saja pilih yang lain, tapi saya tidak menyarankan untuk memilih Xampp versi 5.6.36, dikarenakan PHP dalam versi itu kemungkinan akan dihentikan dukungannya.

Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP

Untuk cara instalasi bisa anda lihat di internet atau situs resminya. Demikian pembahasan tentang "Belajar PHP : Persiapan Belajar Bahasa Pemrograman PHP". Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas. Terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔