Mengapa Programmer Lebih Senang Menggunakan Linux

Mengapa Programmer Lebih Senang Menggunakan Linux
Mengapa Programmer Lebih Senang Menggunakan Linux - Banyak orang yang beranggapan bahwa para pengguna linux itu adalah kalangan programmer, hacker dan kalangan elit IT lainnya. Memang alasan tersebut tidak sepenuhnya salah, memang banyak dari mereka yang menggunakan linux sebagai sistem operasi pada komputer mereka. Tentunya ada alasan yang membuat mereka lebih memilih linux untuk menyelesaikan project dan debug aplikasi yang mereka buat. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa aspek yang membuat para programmer lebih memilih linux ketimbang sistem operasi lain untuk komputer mereka. Berikut ulasannya :

1. Open Source alias gratis
Semua distro linux berlisensi open source alias gratis, yang kode sumbernya boleh dilihat, dirubah, lalu disebarkan lagi oleh penggunanya. Kelebihan ini memang di gadang gadangkan sebagai alasan utama yang membuat linux dipilih sebagai sistem operasi para programmer. Ya bagaimana tidak, tersangkutnya programmer dengan kasus pidana karena
menggunakan sistem operasi dan aplikasi bajakan tentu akan mengganggu karir pekerjaan mereka. Jadi untuk menghindari itu para programmer lebih memilih sistem operasi Linux agar project programming mereka dapat diselesaikan tanpa merasa terganggu karena rasa was was akan kasus pidana menggunakan sistem operasi bajakan. Bagi anda para programmer yang menggunakan linux, berarti anda telah ikut berkontribusi mengurangi angka penggunaan sistem operasi bajakan di indonesia.

2. Mudah di dapatkan dan di install
Dari alasan yang pertama bisa dilihat mengapa linux sangat mudah didapatkan ya tentunya karena gratis. Selain dari website resmi linux itu sendiri, banyak juga website download resmi yang menyediakan link download ISO master linux. Selain itu linux sangat mudah di install di komputer karena sudah memiliki tampilan yang user friendly (GUI) namun bagi anda yang lebih senang menggunakan tampilan berbasis teks juga tersedia kok. Dulu memang linux hanya memiliki tampilan berbasis teks namun sekarang sudah tersedia tampilan GUI yang bertujuan agar linux mudah digunakan oleh semua kalangan termasuk kalangan awam yang baru bisa menggunakan komputer dan belum familiar dengan linux.

3. Mendukung banyak bahasa pemograman
Ini juga alasan yang semakin membuat para programmer yakin untuk menggunakan linux yaitu dukungan banyak bahasa pemograman. Hal ini tentu mempermudah programmer untuk belajar ataupun mengerjakan project dari banyak bahasa pemograman tanpa harus beralih menggunakan sistem operasi lain untuk menyelesaikannya. Beberapa bahasa pemograman yang di dukung linux seperti php, perl, python, ruby dan masih masih banyak bahasa pemograman lain kecuali bahasa pemograman yang hanya di dukung oleh platform khusus seperti Visual Basic yang hanya didukung Windows .

4. Tools programming yang lengkap
Untuk dapat menulis baris kode program tentu juga dibutuhkan aplikasi pendukung agar baris program itu dapat diuji apakah masih ada error atau tidak. Nah pada linux semua tool itu tersedia lengkap dan gratis. Ini juga menjadi kemudahan yang diberikan linux agar pengguna tetap setia untuk terus menggunakan sistem operasi linux. Bagi anda yang ingin belajar bahasa pemograman pun juga tersedia toolnya secara lengkap dan pastinya gratis sehingga anda tidak perlu repot mencari tool bajakan untuk belajar programming.

5. Aman dibandingkan sistem operasi lain
Linux merupakan sistem operasi yang aman untuk digunakan baik untuk keperluan sehari - hari ataupun keperluan lain. Kalau menurut saya ini dikarenakan source kode linux dapat dilihat secara penuh oleh para penggunanya, sehingga para pengguna memiliki akses penuh terhadap linux, jadi saat ada virus para pengguna dapat mencari solusi atas masalah tersebut. Selain itu kebanyakan hacker menggunakan linux untuk membuat virus, seperti halnya membuat payload yang nantinya dikirim ke pengguna Windows, baik itu melalui email atau cara lain, yang jika dibuka oleh pemilik komputer maka pengirim payload dapat memonitoring aktivitas pengguna komputer tersebut. Dengan cara ini
pengirim payload juga bisa mengenkripsi ataupun mengambil file korban tanpa di ketahui. Namun jika payload itu dikirim ke pengguna linux, maka payload itu tidak lebih hanya sebuah file biasa yang tak kan berjalan walaupun dibuka. Jadi dengan ini file yang kita simpan dari virus dan ancaman dari pihak yang bertanggung jawab.

6. Selalu ada update dan pembaharuan
Pada sistem operasi linux terdapat yang namanya repository yang menyediakan pembaharuan untuk linux, baik itu pembaharuan patch security, fitur, peningkatan peforma sistem dan berbagai pembaharuan lain yang memperbaiki bug dan error pada linux. Setiap sistem operasi linux memiliki repository dan waktu update yang berbeda, jadi anda bisa mengecek pembaharuan tersebut secara berkala. Dengan adanya update yang berkesinambungan membuat para programmer nyaman untuk terus menggunakan linux.

7. Sistem operasi yang ringan
Linux merupakan sistem operasi yang ringan yang tak membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak muluk muluk alias komputer dengan spesifikasi rendah pun dapat di install kan linux. Dengan kelebihan ini programmer dan pelajar pun tidak harus memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi untuk dapat belajar programming.

8. Dukungan penuh dari komunitas
Di Indonesia saja ada banyak sekali komunitas pecinta linux yang saling berbagi tutorial, berdiskusi dan berbagi suka duka saat menggunakan linux. Pada komunitas ini mereka saling membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi oleh sesama anggota komunitas, nah dengan ini tentunya membuat kita cepat mendapatkan solusi.

9. Banyak error banyak ilmu dan banyak pengalaman
Ya make linux itu memang banyak error, tapi error disini bukan dikarenakan kesalahan sistem tapi karena kesalahan penggunanya. Kadang kadang karena salah setting, namun menurut saya ini menjadi poin lebih, semakin sering error semakin banyak ilmunya. Banyak perusahaan lebih menyukai programmer yang pandai menggunkan linux. Jadi jika anda seorang programmer dan pengguna linux berarti anda adalah programmer dengan nilai dan kemampuan yang lebih dan bisa di bilang expert gitu deh.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Mengapa Programmer Lebih Senang Menggunakan Linux. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel di atas.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔