Ketahui Penyebab CPU/Processor Cepat Panas

Ketahui Penyebab CPU/Processor Cepat Panas – Ada banyak hal yang dapat menyebabkan CPU pada komputer anda cepat panas. Namun sebelum itu kita perlu memastikan dahulu bagaimana atau pada suhu berapa CPU komputer dianggap normal dan dapat dianggap panas.
Suhu CPU komputer dapat dianggap normal jika berada antara suhu 39 sampai dengan 49 derajat celcius dalam keadaan sedang tidak menjalankan program berat. 
Ketahui Penyebab CPU/Processor Cepat Panas
Sumber : en.wikipedia.org
Dan jika dalam keadaan sedang menjalankan program berat seperti games maka akan berada pada kisaran suhu 60 an derajat celcius.
Namun jika suhu processor komputer pada saat tidak menjalankan program atau aplikasi yang berat sudah berada pada kisaran suhu  60 derajat celcius maka kita dapat menyimpulkan bahwa ada sesuatu masalah pada processor komputer kita.
Baca juga : Jenis - jenis Processor Komputer
Baca juga : Pengertian dan Fungsi Processor
Untuk itu saya akan menjabarkan beberapa hal yang dapat menyebabkan CPU atau processor komputer panas (melebihi batas normal) yaitu :
1.   Virus komputer dan malware
Ini merupakan hal yang paling sering yang menyebabkan processor komputer panas. Virus yang dapat menyebabkan panasnya processor ini biasanya berupa sebuah sofware yang memiliki ekstensi .exe sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa file ini adalah virus. Saat software ini dijalankan maka akan ada banyak software yang berjalan secara bersamaan pada komputer anda. Dan ini akan berakibat pada beratnya kinerja processor yang kemudian akan menyebabkan processor menjadi panas.
2.   Peningkatan kinerja processor (overlocking)
Peningkatan kinerja processor akan sangat berpengaruh pada suhu processor, karena processor atau CPU akan dipaksa mengeluarkan kinerja lebih dan akan berujung pada panasnya suhu processor.
3.   Penggunaan komputer 24 jam nonstop
Ini juga dapat menyebabkan processor komputer panas, namun yang menyebabkan processor panas disini ialah penggunaan aplikasi berat selama 24 jam tanpa henti. Ini benar – benar beresiko membuat processor komputer panas.
4.   Menjalankan aplikasi yang berat
Hal ini sangat berkaitan erat dengan penyebabnya panasnya processor nomor 4 dan juga sangat beresiko membuat panasnya suhu processor. Saat anda menjalankan aplikasi yang berat, aplikasi tersebut membutukan kinerja processor dan memori yang cepat jadi akan sangat bisa membuat processor anda menjadi panas.
5.   Thermal pasta pada processor sudah kering
Pasta ini berfungsi untuk menyerap panas dari processor dan menyalurkan panas tersebut ke fan atau kipas yang berada diatas processor. Hal yang membuat thermal pasta mengering adalah umur, biasanya thermal pasta berumur kurang lebih 3 tahun. Saat thermal pasta processor mengering maka suhu processor akan lebih cepat panas.
6.   Fan processor tersumbat
Tersumbatnya fan procesor akan menyebabkan tidak lancarnya penyaluran panas dari processor. Biasanya fan processor tersumbat oleh debu namun tidak tertutup kemungkinan tersumbat oleh benda lain, maka sering – sering lah membersihkan fan processor komputer anda agar tidak tersumbat.
7.   Penggunaan hardware tambahan yang tidak sesuai dengan processor
Ketidak cocokan processor dengan hardware baru atau tambahan juga dapat menyebabkan suhu processor menjadi panas.
8.   Multitasking berlebihan
Yang dimaksud disini ialah penggunaan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, yang akan membuat kinerja processor menjadi berat sehingga suhu processor akan panas.

Hal yang ditimbulkan oleh panasnya processor atau CPU
1.  Yang jelas kalau processor panas maka kinerja komputer akan sangat lambat.
2.   Saat suhu processor suhu melebihi batas wajarnya maka komputer akan mati secara tiba – tiba.
3.   Komputer akan restart sendiri karena processor terlalu panas.
4.  Kalau processor panas maka juga bisa menyebabkan komponen lain pada komputer terbakar.

Langkah pencegahan agar processor atau CPU tidak cepat panas
1. Jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan dan gunakanlah seperlunya saja.
2.   Gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan komputer anda.
3.   Gunakanlah hardware yang sesuai dengan komputer anda
4. Jika anda menggunakan komputer selama 12 jam atau lebih, matikanlah komputer anda sejenak.
5.  Bersihkan dan cek lah thermal pasta processor komputer anda secara rutin.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai penyebab processor atau CPU yang cepat panas. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan pada pembahasan materi diatas karena saya juga masih dalam tahap belajar. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar dibawah ini, karena saya sangat senang menerima kritik dan saran dari anda.
Terima Kasih Telah Berkunjung dan Semoga Bermanfaat..

Share this :

Previous
Next Post »