Cari Tahu Perbedaan RAM dan ROM Yuk !

Cari Tahu Perbedaan RAM dan ROM Yuk - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara RAM dan ROM. Kebanyakan pengguna komputer tidak tahu perbedaan mendalam yang ada pada RAM dan ROM. Kalau ditanya perbedaan antara RAM dan ROM dan anda menjawab “kalau RAM pake huruf A dan ROM pake huruf O” itu sama halnya dengan tidak tahu, nah itulah alasan yang menjadi tujuan saya dalam menulis artikel ini agar anda semua dapat mengetahui perbedaan yang ada pada RAM dan ROM secara detail dan memahami fungsi pada kedua komponen tersebut.
Daripada panjang lebar, silahkan lihat ulasan mengenai perbedaan RAM dan ROM berikut ini :
RAM
RAM atau Random Acces Memory adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data atau program yang sedang berjalan pada komputer, yang penyimpanannya bersifat sementara.
Cari Tahu Perbedaan RAM dan ROM Yuk
RAM juga berfungsi sebagai otak komputer yang berperan mentransfer dan menyimpan data program yang sedang berjalan pada komputer anda.
Pada komputer, RAM menjadi partner yang tak dapat dipisahkan dari processor. Karena RAM membantu proces yang dilakukan processor dalam membaca dan memproses semua perintah yang diberikan oleh user.
Kinerja RAM menjadi sangat berat jika anda menjalankan banyak program dalam waktu yang bersamaan (multitasking).
Jadi RAM memiliki peran penting dalam sebuah komputer.
ROM
Merupakan sebuah media penyimpanan yang bersifat permanen, yang mampu bekerja walaupun komputer dalam keadaan mati.
Cari Tahu Perbedaan RAM dan ROM Yuk
Sumber : en.wikipedia.org
ROM atau Read Only Memory tidak bisa diisi data seenaknya, karena anda membutuhkan sebuah proses khusus agar anda dapat menyimpan data pada ROM tersebut.
Biasanya ROM digunakan untuk menyimpan firmware yaitu program dasar yang menghubungkan sistem operasi dengan perangkat keras yang ada pada komputer, program ini diisi langsung oleh vendor yang memproduksi komputer tersebut.

Perbedaan antara RAM dan ROM

1. RAM menyimpan data yang bersifat "sementara" sedangkan ROM menyimpan data secara "permanen" (tidak mudah hilang)
2.  Data program pada RAM hanya disimpan saat komputer sedang aktif sedangkan pada ROM data tetap tersimpan walaupun komputer dalam keadaan mati.
3. RAM tidak dapat menyimpan data saat komputer mati, sedangkan ROM tetap bisa menyimpan data walaupun komputer sedang dalam keadaan tidak dialiri daya listrik.
4. RAM dapat diisi data kapanpun dan bisa dikatakan fleksibel sedangkan ROM tidak karena untuk menyimpan data pada ROM anda perlu melakukan sebuah proses khusus agar data dapat disimpan.
5. RAM biasanya berisi data program yang sedang berjalan pada komputer sedangkan ROM biasanya berisi data firmware yaitu program dasar yang diisi langsung oleh vendor yang memproduksi komputer tersebut.
6.  RAM berfungsi membantu processor dalam membaca dan memproses perintah yang diberikan oleh user sedangkan ROM biasanya berfungsi menyimpan firmware seperti ROM BIOS.
7. RAM pada komputer bisa ditambah kapasitasnya sesuai kebutuhan pengguna, sedangkan ROM tidak bisa karena sudah tertanam langsung pada mainboard komputer.
Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai perbedaaan RAM dan ROM, semoga yang saya sampaikan bermanfaat dan membuat anda tidak salah paham dalam membedakan RAM dan ROM. Silahkan tinggalkan komentar anda pada form komentar, karena saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari anda tapi jangan spam ataupun link aktif ya...
Terima kasih karena telah berkunjung dan semoga bermanfaat..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Bagi Anda yang Ingin berkomentar, tapi jangan komentar yang isinya spam dan link aktif ya...

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔